Karimun (ANTARA News) - Datuk Panglima Muda Dewan Pimpinan Daerah Laskar Melayu Bersatu Karimun, Kepulauan Riau Azman Zainal sedang memilih sejumlah nama politisi perempuan untuk mendampinginya ke Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karimun periode 2011-2016.

''Saya memutuskan untuk memilih calon wakil bupati dari kaum perempuan. Saat ini, sudah ada beberapa nama yang sedang dijajaki,'' kata Azman usai mengambil formulir pencalonan dari jalur independen di Kantor KPU Karimun Jalan R Oesman Tanjung Balai Karimun, Kamis.

Azman mengatakan, perempuan yang sedang dijajaki di antaranya mantan anggota DPRD Karimun dari PDI Perjuangan Rina Dwi Lestari, Ina Bahtiar dari Partai Amanat Nasional, Rosmeri dari Partai Golkar serta Siti Saparani dari Partai Persatuan Pembangunan.

Dua nama nama terakhir yang akan dipinang Azwan untuk mnaju bersama ke Pilkada 5 Januari 2011, saat ini duduk sebagai anggota DPRD Karimun hasil Pemilu Legislatif 2009. 

''Kempat perempuan tersebut merupakan Srikandi Karimun yang cukup dikenal masyarakat. Apalagi mereka pernah dan sedang duduk di legislatif mewakili kaum perempuan,'' katanya.

Ia menuturkan, memilih perempuan sebagai pendamping agar ada keterwakilan gender di eksekutif.

Berbagai persoalan membutuhkan tangan dingin seorang perempuan, seperti isu kesetaraan gender dengan pria dan wanita, pemberantasan tindak pidana perdagangan wanita, kekerasan dan lainnya.

"Sebagai kawasan perbatasan, Karimun rawan perdagangan perempuan. Untuk itu, dibutuhkan pemimpin perempuan,'' katanya.

Dia berpendapat, sosok perempuan yang telaten diharapkan dapat mengimbangi kepemimpinan pria.

''Pilihan kami sudah melalui pertimbangan matang,'' ungkapnya.

Azman Zainal mengambil formulir pencalonan di KPU Karimun, Kamis pagi. Dia maju sebagai bakal calon bupati melalui jalur independen.

''Saya sudah memiliki seribu relawan yang siap menyukseskan pencalonan dalam pilkada,'' tandasnya. (Btm1)