Tanjungpinang (ANTARA News) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Abu Sufyan, mengatakan awal bulan Puasa atau 1 Ramadhan 1431 Hijriah diperkirakan pada bertepatan dengan 11 Agustus 2010 Masehi.

"Kami memperkirakan puasa dimulai pada hari Rabu (11/8)," kata Abu Sufyan yang dihubungi dari Tanjungpinang, Sabtu 31 Juli 2010.

Abu mengatakan, berdasarkan hisab yang dilakukan Kantor Kementerian Agama Tanjungpinang, awal Ramadhan jatuh pada 11 Agustus 2010 di daerah Tanjungpinang dan sekitarnya.

"Namun, keputusan resmi awal puasa akan ditetapkan oleh pemerintah," ujarnya.

Dia mengatakan, pihaknya baru akan melihat hilal atau anak bulan pada 10 Agustus 2010 dan melaporkannya ke Kementerian Agama sebelum diumumkan secara resmi oleh pemerintah.

"Yang mengumumkan secara resmi pemerintah, kami hanya mengumpulkan data," ujarnya.

Menurut Abu, di Tanjungpinang biasanya pelaksanaan puasa serentak dilakukan, baik antara warga Nahdatul Ulama atau Warga Muhammadiyah.

"Semuanya serentak, tidak seperti di daerah Indonesia lainnya yang juga ada kelompok atau organisasi lain yang berbeda waktunya dalam pelaksanaan awal puasa," katanya. (Btm1)