KPU Batam Tunjuk Tiga Panelis Dialog Kandidat

id komisi pemilihan umum batam, kpu batam, tunjuk, tiga, panelis, debat, kandidat, pilkada batam

KPU Batam Tunjuk Tiga Panelis Dialog Kandidat

Batam (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam menunjuk tiga orang panelis yang akan memberikan pertanyaan kepada lima pasang peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Batam 2011 dalam Dialog Kandidat.
        
"Kami siapkan tiga panelis dari ekonom, akademisi dan tokoh muda Melayu," kata Ketua KPU Batam Hendriyanto di Batam, Kamis.
        
Ia mengatakan, tiga panelis yang ditunjuk KPU masing-masing ekomom Umar Juaro, Direktur Politeknik Batam, Priyono Eko Sanyoto dan Tokoh Muda Melayu Chandra Ibrahim.
        
Dialog kandidat akan ditayangkan langsung dari Batam TV, RRI dan Batam FM pada Jumat (31/12) pukul 14.00 WIB-16.00 WIB. Dan disiarkan tunda di Batam TV pada Sabtu (1/1) pukul 20.00 WIB.
        
"Kalau masyarakat tidak sempat menyaksikan langsung pada hari Jumat, maka bisa menonton siaran tundanya," kata Hendri.
        
KPU memilih panelis ekonom dari Jakarta karena menganggap Umar Juaro memahami ekonomi Batam. Umar, kata Hendri membuat kajian tentang Batam tiap tiga bulan.
        
Dalam prespektif nasional, kata dia melanjutkan, pertumbuhan ekonomi Batam sangat diperhatikan, karena ditetapkan menjadi Kawasan Perdagangan Bebas.
        
Sedangkan Priyono Eko Sanyoto dan Chandra Ibrahim dipilih sebagai panelis karena dinilai menguasai perkembangan Batam karena tinggal di Batam.
        
Tiga panelis, kata dia, akan mengajukan pertanyaan yang sama kepada tiap pasangan peserta. Meskipun pertanyaannya sama, namun, peserta tetap diperbolehkan mendengar jawaban lawan.
        
"Ini bukan kuis, jadi tidak perlu penutup telinga. Yang dilihat warga adalah cara menjawab," kata dia.
        
Selain pertanyaan yang sama, tiap panelis juga akan memberikan pertanyaan yang berbeda kepada peserta Pilkada, berdasarkan visi misi yang disampaikannya.
        
"Pertanyaan dielaborasi panelis dari visi misi calon," kata Hendri.
        
Dialog kandidat akan dipandu moderator Hassan Aspahani. Sementara itu, KPU membatasi jumlah pendukung yang boleh masuk ruangan hotel sebanyak 25 orang untuk tiap pasangan.
        
"Tapi, kalau mau di luar ruangan, kami menyediakan tv," kata Hendri.
        
KPU juga menyediakan waktu masing-masing dua menit kepada tim pasangan untuk meneriakan yel-yel.
        
Pilkada Batam diikuti lima pasangan yang sudah ditetapkan KPU, nomor urut satu Ahmad Dahlan-Rudi, Ria Saptarika-Zainal Abidin urutan dua, Nada Faza Soraya-Nuryanto urutan tiga, Aripin-Irwansyah urutan empat dan Amir Hakim Hanaehan Siregar-Syamsul Bahrum nomor lima. (Y011/I006/Btm2)

   

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE