Tanjungpinang (ANTARA News) - Sebanyak 175 RT/RW di Kecamantan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau mendapat insentif dari pemerintah kabupaten setempat sebagai wujud perhatian pada penyelenggara pemerintahan paling bawah.

Insentif untuk triwulan kedua tersebut langsung diserahkan Wakil Bupati Bintan, Khazalik di Kijang, Jumat kepada 38 orang RW dan 137 RT yang masing-masing menerima sebesar Rp300 ribu.

"Insentif ini sebagai bentuk perhatian, kepedulian dan tangggungjawab Pemkab Bintan terhadap RT/RW yang diharapkan bisa berperan aktif di masyarakat," kata Khazalik.

Ia berharap, RT dan RW bisa memberikan kontribusi dan menciptakan kehidupan sosial masyarakat yang harmonis serta mendukung program pemerintah daerah.

Wabup berharap RT dan RW juga mendukung program e-KTP dan yang lebih penting lagi dalam waktu dekat ini memantau anak-anak dari keluarga miskin di lingkungannya agar tidak ada yang tidak sekolah.

"Tahun ajaran baru segera dimulai, kami harapkan RT/RW bisa memantau, agar tidak ada lagi anak tidak mampu yang tidak bisa sekolah," tegasnya.

Selain bantuan untuk RT/RW, Khazalik juga menyerahkan bantuan untuk biaya operasional empat lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) di Bintan Timur yang masing-masing diterima Rp2,5 juta.

Kepala Bagian Pemerintahan Pemkab Bintan, Lucky Z Prawira mengatakan, pemerintah daerah akan membagikan insentif triwulan kedua sebesar Rp839,4 juta untuk RT/RW dan LPM yang tersebar di sepuluh kecamatan.

"Diharapkan insentif itu bisa menambah semangat, motivasi dan kinerja pengurus RT/RW dan LPM se-Kabupaten Bintan," katanya.

(ANT-HM/A013/Btm3)