Libur Puasa Siswa Karimun Ikuti Pesantren Kilat

id pesantren, kilat, siswa, karimun, puasa, ramadhan, dinas, pendidikan, harris, fadillah

Libur Puasa Siswa Karimun Ikuti Pesantren Kilat

Karimun (ANTARA News) - Para siswa beragama Islam mulai dari SD, SMP hingga SMA sederajat di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau akan mengikuti pesantren kilat selama lima hari pada liburan bulan Puasa.

''Dinas Pendidikan (Disdik) telah menyusun jadwal pesantren kilat untuk setiap tingkatan. Kami berencana menyelenggarakannya selama selama lima hari yang dimulai pada hari kedua bulan Ramadhan di masing-masing sekolah,'' kata Kepala Dinas Pendidikan Karimun, Harris Fadillah, di Tanjung Balai Karimun, Rabu.

Harris Fadillah mengatakan pesantren kilat itu dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir dengan shalat Zuhur berjamaah pada siang hari.

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama dengan Kantor Kementerian Agama sesuai kesepakatan seluruh Disdik kabupaten/kota se-Kepri.

Kankemenag melalui penceramah akan menyampaikan materi agama Islam, mulai dari keutamaan berpuasa, ibadah, muamalah dan akidah Islam.

''Sasaran yang ingin kami capai adalah siswa semakin mengetahui ajaran agama dalam upaya peningkatan iman dan takwa,'' ucapnya.

Selain materi agama Islam, para siswa juga akan mendapatkan pembekalan tentang kamtibmas dengan narasumber dari kepolisian, kesehatan dari Dinas Kesehatan dan bahaya narkoba dari Badan Narkotika Kabupaten.

"Materi kamtibmas, bahaya narkoba dann kesehatan kami nilai penting untuk diberikan karena menyangkut program peningkatan kualitas sumber daya manusia,'' ucapnya.

Dia menuturkan, pesantren kilat merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang diharapkan dapat mewujudkan generasi muda yang berkarakter dan memegang teguh ajaran agama.

''Bulan Puasa saat yang tepat untuk menimba ilmu, ganjaran yang diberikan Tuhan berlipat ganda dibandingkan ibadah pada hari biasa,'' katanya.

(ANT-RD/Btm1)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE