Lapas Tanjungpinang Kekurangan Air Bersih

id Lapas,lembaga,pemasyarakatan, Tanjungpinang, Kekurangan, Air, Bersih

Tanjungpinang (ANTARA Kepri) - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tanjungpinang yang terletak di Batu 18 Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau kekurangan air bersih.

"Sebanyak delapan sumur air bersih di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjungpinang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan para warga binaan," kata Kepala Lapas Kelas IIA Tanjungpinang, Istiyo Harsono usai menggelar Maulid Nabi Muhammad SAW bersama Bupati Bintan, Ansar Ahmad di Lapas Tanjungpinang, Jumat.

Istiyo mengatakan, kebutuhan air bersih untuk warga binaan di Lapas Tanjungpinang cukup mendesak, karena setiap musim panas sekitar bulan April sumur menjadi kering dan menimbulkan kerawanan bagi sesama warga binaan.

"Sumber airnya sangat kecil sekali, sehingga menimbulkan kerawanan saat warga binaan antre untuk mandi, mencuci dan sebagainya," ujar Istiyo.

Bupati Bintan, Ansar Ahmad mengatakan pihaknya akan berupaya untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Lapas Tanjungpinang karena sangat mendesak dan sangat penting.

"Saya juga sudah menghubungi pihak Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Kepri, agar bisa dilakukan penyambungan instalasi air bersih ke Lapas," katanya.

Selain itu, menurut dia, jika pihak PDAM Tirta Kepri belum memprioritaskan untuk instalasi air bersih ke Lapas dari Wasuk Sungai Pulai pada anggaran perubahan APBD 2012 akan dianggarkan dana hibah untuk pemenuhan kebutuhan air bersih di Lapas Tanjungpinang.

"Kami akan minta persetujuan DPRD agar dana hibah untuk pemenuhan kebutuhan air bersih di Lapas Tanjungpinang bisa direalisasikan," harapnya.

Menurut Bupati, pemenuhan kebutuhan air bersih itu tidak bisa lama-lama karena menyangkut hidup ratusan warga binaan di Lapas Tanjungpinang.

Saat ini terdapat sebanyak 327 orang warga binaan di Lapas Tanjungpinang, termasuk mantan Bupati Natuna, Daeng Rusnadi dan sejumlah mantan pejabat daerah lainnya yang divonis korupsi.

(KR-HKY/N001)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE