Buruh Tanjungpinang Peringati May Day dengan Berpuisi

id buruh, pekerja, may day, tanjungpinang, kepulauan riau, donor darah, puisi

Tanjungpinang (ANTARA Kepri) - Puluhan buruh yang tergabung dalam sejumlah federasi serikat pekerja di Kota Tanjungpinang menggelar pembacaan puisi untuk memperingati Hari Buruh Internasional.

"Kami ingin menyampaikan tuntutan dengan elegan, tidak harus dengan berunjuk rasa," kata Ketua Panitia, Afyendri.

Puisi yang dibacakan sejumlah buruh diatas panggung menyampaikan kritikan terhadapan pemerintah dan menuntut upah layak.

Selain berpuisi, buruh juga joget bersama dengan pemerintah daerah setempat dengan hiburan organ tunggal.

"Kami sebelumnya juga telah menggelar senam sehat bersama dan aksi donor darah," kata Afyendri yang juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Tanjungpinang.

Penanggung jawab kegiatan Edward Saragih menyebutkan, kegiatan sederhana penuh makna itu menurutnya harus menjadi contoh bagi buruh lainnya dalam menyampaikan aspirasi, agar tidak terkesan aksi yang dilakukan buruh selalu anarkis.

"Kami tidak ingin dibilang ikut-ikutan dengan aksi buruh lainnya, tapi kami ingin diikuti dengan kegiatan sederhana ini," kata Edward.

Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Tengku Dahlan menyambut baik aksi buruh dengan menggelar berbagai kegiatan bermanfaat dan tidak menimbulkan pandangan kurang baik terhadap buruh.

"Pemkot Tanjungpinang mengharapkan fungsi tripartit bisa berjalan dengan baik, karena satu sama lain tidak bisa dipisahkan, terima kasih acara ini sangat bermanfaat," katanya.

Dia menambahkan, jika fungsi tripartit berjalan dengan baik, pembangunan juga berjalan baik.

"Apalah artinya menguras tenaga untuk pembangunan kalau dirusak oleh kita juga karena tidak adanya kesesuai ketiga (teripartit) itu," kata Dahlan.

Pemkot Tanjungpinang menurut dia juga akan berupaya menyiapkan tenaga kerja yang berkualitas dan cerdas agar bisa bersaing dengan tenaga kerja lainnya dari luar. (y011)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE