Batam (ANTARA Kepri) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Hang Nadim Batam Provinsi Kepulauan Riau memprediksi cuaca Kepri pada Minggu cerah berawan dan aman bagi transportasi laut dan udara.
   
"Kondisi cuaca masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat, laut dan udara, namun diimbau agar tetap berhati-hati," kata petugas BMKG Hang Nadim Batam, Asri Pratiwi, di Batam, Minggu.
   
Dari pantauan satelit, ia mengatakan, terdapat pertumbuhan awan di beberapa daerah di Kepulauan Riau karena kondisi udara atas labil dengan kelembaban tinggi.
   
Selain itu, adanya daerah netral dari angin lemah dengan arah berubah-rubah di Laut Natuna juga mendorong proses pertumbuhan awan, kata dia.
   
Namun, khusus Natuna dan Anambas, peoses pertumbuhan awan lebih sedikit dibanding daerah lain karena kelembaban udaranya rendah.
   
"Sehingga diprakirakan cuaca di Kepri cerah berawan dan berpeluang hujan dan kadang disertai petir," kata dia.
   
Secara detil, BMKG memprakirakan cuaca Kota Batam pada Minggu pagi hingga siang berawan dan hujan ringan. Sedang pada malam, berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 20 kilo meter arah tenggara.
   
Suhu udara di Batam antara 24 sampai 32 derajat celcius dengan kelembaban 65 sampai 96 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 0,4 sampai 0,8 meter.
   
Cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Minggu pagi berawan dengan hujan, siang berawan dan hujan ringan dan berawan pada malam.
   
Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 20 kilo meter arah tenggara.
   
Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 24 sampai 32 derajat celcius dengan kelembaban 66 sampai 98 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan 0,5 sampai 0,8 meter.   
  
Di Karimun pada Minggu pagi hingga malam diprakirakan berawan dan kecepatan angin mencapai lima sampai 17 kilometer arah tenggara.
   
Suhu udara di Karimun antara 24 sampai 32 derajat celcius dengan kelembaban 70 sampai 96 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,3 sampai 0,6 meter.
   
Sementara cuaca di Lingga Minggu pagi hingga siang berawan hujan ringan, lalu malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 17kilo meter arah tenggara.
   
Suhu udara di Lingga antara 24 sampai 32 derajat celcius dengan kelembaban 67 sampai 96 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,3 sampai 0,7 meter.
   
Kabupaten Natuna pada Minggu pagi berawan, siang cerah berawan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 18 kilo meter arah barat.
   
Suhu udara di Natuna antara 24 sampai 33 derajat celcius dengan kelembaban 67 sampai 91 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,2 sampai 0,6 meter.
   
Sedangkan di Kabupaten Anambas, pada Minggu pagi BMKG memperkirakan berawan disertai hujan ringan, siang berawan dan malam cerah berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 18 kilo meter arah barat.
   
Suhu udara Anambas antara 25 sampai 33 derajat celcius dengan kelembaban 58 sampai 90 persen. Sedangkan gelombang diperkirakan 0,2 sampai 0,6 meter. (Y011/F002)

Editor: Dedi