Batam (ANTARA Kepri) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Batam, Kepulauan Riau tidak menaikkan harga tiket pada Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriyah/2012.

"Tarif penyeberangan (roll on roll/roro) tetap normal, tidak ada kenaikan saat arus mudik nanti," kata Manajer Usaha PT ASDP Cabang Batam, AM Heriyanto di Batam, Rabu.

Ia mengatakan, semua keberangkata dari Pelabuhan Telaga Punggur Batam ke Tanjung Uban Pulau Bintan dan Parit Rampak, Tanjung Balai Karimun tarifnya sama seperti hari-hari biasa.

Harga tiket roro Telaga Punggur Batam ke Tanjung Uban Bintan dewasa Rp14.800, anak Rp11.800, mobil dan pengemudi Rp178.000, motor dan pengemudi Rp25.000.

"Selain tarifnya normal, kami juga menambah trip penyeberangan dari Telaga Punggur ke Tanjung Uban dan sebaliknya dari 12 trip per hari menjadi 16 trip per hari," kata dia.

Ia mengatakan, penambahan tersebut mengantisipasi penumpukan penumpang seperti yang terjadi pada musim mudik Lebaran 1432 Hijriah tahun lalu.

"Tahun lalu dengan dua roro ternyata tidak mampu melayani semua barang dan penumpang yang akan menyeberang ke Tanjung Udan. Makanya tahun ini ada tiga kapal motor yang akan melayani," kata dia.

Selain menambah trip penyeberangan, kata dia, mulai H-3 tidak lagi diperbolehkan kendaraan barang menyeberang.

"Mulai H-3 hanya kendaraan pribadi yang boleh diseberangkan. Sementara untuk kendaraan barang tidak lagi diperbolehkan menyeberang karena akan menganggu penumpang dan kendaran pribadi yang akan diseberangkan," kata dia.

Selain melayani penyeberangan ke Tanjung Uban, kata Heriyanto, Pelabuhan PT ASDP Telaga Punggur juga melayani penyeberangan ke Pelabuhan Tanjung Berakit, Tanjung Balai Karimun dan Buton Mengkapan Siak Riau sekali dalam sepekan. (KR-LNO/B012)

Editor: Rusdianto