Batam (ANTARA Kepri) - Calon haji dari Provinsi Kepulauan Riau dijadwalkan berangkat bersama kelompok terbang pertama Embarkasi Hang Nadim Batam.

"Kepri masuk kloter pertama, kelima, dan 22 Embarkasi Batam," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama Kepulauan Riau Erizal Abdullah di Batam, Kamis.

Kloter pertama Embarkasi Batam akan berangkat ke Tanah Suci pada 21 September 2012 pukul 10.00 WIB.

Sementara calon haji Provinsi Jambi berangkat bersama kloter dua, tiga, empat dan 22, JCH Riau dengan kloter enam sampai 16 dan 22, lalu calon haji dari Kalimantan Barat terbang bersama kloter 17, 18, 19, 20, 21 dan kloter 22.

"Kloter 22 merupakan kloter gabungan calon haji asal Kepri, Jambi, Riau dan Kalimantan Barat," kata Erizal.

Jadwal keberangkatan itu, kata Erizal, merupakan kesepakatan rapat bersama.

Nama-nama calon haji atau daerah asal CJH yang tergabung dalam kloter satu dan selanjutnya belum ditetapkan.

Menurut Erizal, penetapan kloter kabupaten kota baru ditetapkan setelah seluruh calon haji melunasi biaya pemberangkatan haji.

Kloter pertama, kata dia, harus berkumpul di Asrama Haji Batam satu hari sebelum berangkat ke tanah suci,  20 September 2012.

Erizal mengatakan para calon haji akan mendapatkan pembekalan pelaksanaan rangkaian ibadah haji di tanah suci.

Sementara itu, daftar tunggu calon jamaah haji Provinsi Kepulauan Riau mencapai 7.872 orang yang pemberangkatannya diperkirakan selesai pada 2020.

Erizal mengatakan, setiap tahun, Provinsi Kepri memberangkatkan sekitar 990 calon haji.

Dengan sedikitnya jumlah pemberangkatan tiap tahun maka daftar tunggu calon jamaah yang tersebar di kabupaten dan kota di Kepri, diperkirakan rampung delapan tahun lagi. (Y011/N002)

Editor: Rusdianto