Batam (ANTARA Kepri) - KM Kelud kembali akan melayani jalur pelayaran Tanjungpriok Jakarta, Pelabuhan Beton Batam, dan Belawan SumatEra Utara setelah tiga minggu menjalani perawatan tahunan.
       
"Jumat (23/11) Kelud akan kembali berlayar dari Tanjungpriok ke Batam dan Belawan dengan terlebih dahulu singgah di Tanjung Balai Karimun," kata Manajer Administrasi PT Pelni Batam, Yulianto di Batam, Rabu.
       
Setiap menjelang Hari Raya Natal dan tahun baru jumlah pemudik Batam-Sumatra Utara dengan KM Kelud selalu mengalami lonjakan. Jadi sebelum melayani penumpang Natal kapal selalu dilakukan perbaikan.
       
"Perawatan yang dilakukan kemarin juga sebagai persiapan KM Kelud melayani arus mudik Natal dan tahun baru khususnya warga Sumatra Utara," kata dia.
       
Yulianto mengatakan,  kapal milik PT Pelni ini terakhir berlayar dari pelabuhan beton Sekupang Batam pada 31 Oktober, sebelum "naik dok" untuk perawatan mesin yang dijadwalkan rutin setiap tahun.
       
"Selama masa perawatan tersebut, tidak ada kapal pengganti untuk layani rute Batam-Medan. Sementara alternatif bagi penumpang Batam-Jakarta bisa menggunakan kapal Pelni yang melalui pelabuhan Tanjungpinang dengan menumpang kapal Lambelo, Ciremai, Sirimao, dan Bukit Raya," kata Yulianto
  
Dengan mulai beroperasinya lagi KM Kelud, kata dia, warga Batam yang ingin bepergian ke Medan sudah bisa kembali menggunakan kapal berkapasitas 2.562 penumpang yang berlayar sekali dalam seminggu itu.
       
Ia mengatakan, sesuai jadwal pada Sabtu (24/11) KM Kelud akan sampai di Batam dan meneruskan pelayaran ke Belawan Sumatera Utara.
       
Selanjutnya, kata dia, pada Rabu pekan berikutnya kapal kembali tiba di Batam untuk berlayar ke Jakarta.
       
"Kami berharap setelah perawatan, kapal tidak akan mengalami masalah saat melayani penumpang mudik Natal," kata dia.(*)

Editor: Dedi