Batam (Antara Kepri) - Otoritas Bandara Internasional Hang Nadim mengatakan maskapai Express Air akan mengambil alih penumpang Batavia Air, maskapai penerbangan yang dinyatakan pailit dan berhenti beroperasi sejak 31 Januari 2013.

"Dirjen Perhubungan Udara menunjuk maskapai Express Air untuk melayani calon penumpang Batavia Air yang telah membeli tiket tujuan Batam-Pontianak dan Batam-Bandar Lampung. Saat ini tim masih mempersiapkan fasilitas yang ada di bandara tujuan," kata Kepala Bagian Umum dan Keuangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Rabu.

Berdasarkan instruksi yang telah dikeluarkan Dirjen Perhubungan Udara, kata dia, maskapai Express Air sudah melayani calon penumpang Batavia pada dua jalur tersebut mulai 7 Februari dengan jangka tiga bulan.

"Namun kami masih harus menunggu konfirmasi dari bandara tujuan dulu sebelum Exspress Air beroperasi mengangkut calon penumpang Batavia Air. Kami harap dalam satu dua hari ke depan sudah mulai bisa mengangkut penumpang," kata dia.

Ia mengharapkan konfirmasi dan persiapan pada bandara tujuan segera siap sehingga Exspress Air bisa melayani penumpang pada rute ditentukan.

"Sekarang masih menunggu tim yang tengah memastikan di Pontianak dan Bandar Lampung. Sementara di Batam sudah siap untuk pelayanan Exspress Air," kata dia.

Suwarso menjelaskan, untuk rute lain yang ditinggalkan Batavia Air yaitu Surabaya, Yogyakarta, Medan, Palembang sejauh ini pihaknya belum mendapat informasi lebih lanjut.

"Sementara baru dua rute tersebut yang dipastikan akan dilayani Express Air. Lainnya belum ada informasi yang kami terima," kata Suwarso.

Maskapai Express Air direncanakan akan menggunakan pesawat tipe Boeing 737 dengan kapasitas penumpang 120 orang. Nantinya penumpang hanya tinggal membawa tiket dan kartu identitas yang sesuai dengan tiket yang telah dibeli.

"Nanti semua penumpang pemilik tiket Batavia hanya diharuskan membawa 'print' tiket dan identitas sesuai dengan yang tertera dalam tiket tersebut," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto