Karimun (Antara Kepri) - Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau akan menyosialisasikan kurikulum pendidikan 2013 baik tingkat SD, SMP maupun SMA sederajat mulai Maret.
       
"Sosialisasi akan dilakukan mulai Maret sehingga setiap sekolah benar-benar siap menerapkan kurikulum 2013 pada Juli 2013," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Karimun Sudarmadi di Tanjung Balai Karimun, Kamis.
       
Sudarmadi menjelaskan, kurikulum 2013 untuk SMA akan dilaksanakan di SMAN 4 Karimun, SMK dipusatkan di Batam dan SMP di beberapa sekolah di Kundur, Moro dan Buru.
       
"Nanti pihak sekolah akan mengusulkan jadwal sosialisasi itu ke pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk membantu pelaksanaannya," katanya.
       
Menurut dia, sosilalisasi akan difokuskan kepada para guru mata pelajaran sehingga benar-benar menguasai silabus kurikulum 2013.
       
"Materi kurikulum 2013 sebenarnya tidak jauh berbeda dibandingkan yang lama. Hanya saja, akan ada perubahan seperti mata pelajaran yang tidak layak akan tidak sesuai dengan kemampuan siswa ditiadakan," ucapnya.
       
Dia mencontohkan tematik pada mata pelajaran siswa SD yang disusun sesuai kemampuan siswa.
       
"Setiap mata pelajaran berintegrasi dengan mata pelajaran lain yang memberikan penekanan pada kompetensi siswa," katanya.
       
Pendidikan agama, menurut dia akan menjadi penekanan dalam kurikulum 2013.
       
"Kalau pelajaran agama pada kurikulum lama dua jam, maka dalam kurikulum 2013 ditambah menjadi empat jam. Selain itu, setiap tematik pada semua mata pelajaran juga mengandung materi agama karena kurikulum ini akan memfokuskan penguatan karakter siswa," tuturnya.
       
Lebih lanjut dia mengatakan, kurikulum 2013 untuk SD mulai diterapkan untuk siswa kelas III dengan ujiannya akan diujicoba pada tiga mendatang. Sedangkan untuk SMP dan SMA sederajat mulai berlaku untuk kelas I tahun pelajaran 2013.
       
"Ujian untuk tingkat SMP dan SMA yang mengacu pada kurikulum 2013 dilaksanakan tahun depan," kata dia.(*)

Editor: Dedi