Masyarakat Bali di Batam Gelar Pawai Ogoh-Ogoh

id Masyarakat Bali di Batam Gelar Pawai Ogoh-Ogoh

Batam (Antara Kepri) - Warga Bali di Kota Batam, Kepulauan Riau,  bere:-)  Tahun Baru Saka 1935, Selasa (12/3), kata Ketua Panitia Perayaan Hari Raya Nyepi 2013 Dharma Shanti, I Wayan Chatra Yasa.

Sebanyak dua patung ogoh-ogoh raksasa setinggi empat meter akan diarak mulai sekitar pukul 16.00 WIB hingga sekitar pukul 18.00 WIB di sekitar Pusat Pemerintahan Kota Batam dan Dataran Engku Putri Batam Centre, kata Chatra Yasa di Batam, Sabtu.

"Kegiatan festival ini diadakan dalam rangka mempererat hubungan silaturahmi antarkeluarga Bali yang ada di Batam dengan masyarakat Batam lainnya," kata dia.

Selain itu, kata dia, pawai ogoh-ogoh juga untuk memperkenalkan budaya Bali kepada masyarakat di Kota Batam dan wisatawan asing yang berkunjung ke Batam.

"Pawai ogoh-ogoh ini hanya bentuk kreativitas masyarakat Bali untuk semarakkan upacara Hari Raya Nyepi dan kami harap juga mampu menarik minat wisatawan yang berada di Batam," kata Chatra.

Ogoh-ogoh merupakan hasil karya seni masyarakat Bali dalam menyambut ritual Hari Raya Nyepi. Dalam tradisi masyarakat Bali, ogoh-ogoh merupakan simbol penyucian bumi.

"Untuk di Batam, festival ini menjadi yang kedua setelah pada 2012 juga dilaksanakan festival ogoh-ogoh di area Pura Agung Amertha Buana, Baloi Batam," kata dia.

Bagi masayarakat Bali, ogoh-ogoh merupakan media untuk menyalurkan kreativitas dalam bentuk yang positif serta dapat meningkatkan rasa solidaritas.

Tradisi membakar ogoh-ogoh setelah diarak memunculkan pemikiran baru yakni menyucikan dengan menggunakan air suci (thirta).

"Kesenian dan ogoh-ogoh dijadikan sarana bagi masyarakat sebagai bentuk persembahan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa dengan cara yang menarik sehingga mudah dipahami," kata dia.

Selain pawai ogoh-ogoh, perayaan hari besar keagamaan di Batam juga sering dilaksanakan dengan berbagai kesenian seperti saat Imlek yang menampilkan budaya-budaya masyarakat Tionghoa.(*)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE