Shibaura Berencana Buat Pabrik Baru di Batam

id shibaura, jepang, batam, caterpillar

Shibaura Berencana Buat Pabrik Baru di Batam

Kepla BP Batam Mustofa Widjaja, kiri , berbincang dengan Presdir Shibaura Group Ohkawa Nobuyuki, kanan. (foto Humas BP Batam)

Batam (Antara Kepri) - Presiden Direktur Shibaura Group Ohkawa Nobuyuki menyatakan perusahaannya berencana membuat pabrik baru di Batam, Kepulauan Riau, dengan investasi awal 22 juta dolar Amerika Serikat dan meningkatkan investasinya secara bertahap.

Rencana tersebut dikemukakan Nobuyuki setelah perusahaannya mendapatkan tender yang terfokus dengan Caterpillar Batam, kata Kepala Subdit Humas dan Publikasi Badan Pengusahaan (BP) Batam Ilham Eka Hartawan, di Batam, Rabu.

PT Shibaura Indonesia Batam bergerak di bidang usaha pemotongan logam untuk komponen alat berat, otomotif, dan lain-lain, dengan sistem pemotongan menggunakan NC gas, NC plasma, NC laser, bubut, bending toll, bending press dan lain-lain.

Menurut Ilham, Shibaura merupakan pemasok tunggal untuk perusahaan Caterpillar Batam yang memproduksi alat-alat berat, seperti bak "dump truck" yang berorientasi ekspor ke seluruh dunia. 

Shibaura Indonesia Batam merupakan bagian dari Shibaura Group Jepang yang berdiri sejak tahun 1933 dan berbasis di Tokyo.

Nobuyuki, hari itu mengunjungi Kepala BP Batam Mustofa Widjaja untuk perkenalan sekaligus silaturahim antara perusahaan Shibaura Group dengan pengelola Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.

Ia bersama rombongan diterima langsung oleh Kepala BP Batam Mustofa Widjaja yang didampingi Direktur Investasi dan Pemasaran Purnomo Andiantono, Direktur Perencanaan Pembangunan Istono, serta Kasubdit Penanaman Modal Chairul.

Mustofa menjelaskan di Batam saat ini terdapat 900 perusahaan penanaman modal asing, dan 70 di antaranya adalah perusahaan dari Jepang.

Ia mengatakan, sejak era tahun 90-an perusahaan Jepang yang menanamkan modalnya di Batam antara lain Epson, Panasonic, dan Sanyo.

Nobuyuki mengapresiasi BP Batam yang telah bekerja keras mengembangkan kawasan Industri dan investasi yang sangat baik di wilayah Asia Tenggara.

Shibaura Indonesia, katanya, selain di Batam juga sudah memiliki pabrik di wilayah Cibitung, Bekasi Jawa Barat.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE