Batam (Antara Kepri) - Maskapai Sky Aviation mulai 8 Juli 2013 menambah jadwal penerbangan dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam ke Supadio Pontianak, Kalimantan Barat dan Tanjungkarang, Lampung.

"Sebelumnya, jalur Batam-Pontianak dilayani tiga kali seminggu, sementara jurusan Tanjungkarang dilayani empat kali seminggu. Mulai 8 Juli menjadi setiap hari dengan sekali penerbangan," kata District Manager Sky Aviation Batam Michael R Prins di Batam, Minggu.

Ia mengatakan, untuk rute Batam-Pontianak sebelumnya dilayani setiap Selasa, Kamis dan Minggu. Sementara rute Batam-Tanjungkarang sebelumnya dilayani setiap Senin, Rabu, Jumat dan Minggu.

"Menghadapi lebaran jumlah penumpang tujuan tersebut terus melonjak. Jadi kami merasa perlu menambah frekuensi penerbangan," kata dia.

Saat ini, kata dia, harga tiket yang ditawarkan mulai Rp690 ribu hingga Rp1,1 juta untuk kelas ekonomi.

"Untuk berbagai rute seperti Natuna, Palembang, Tanjungkarang, Pontianak, Matak dan Pangkalpinang sebagian besar tiket untuk beberapa hari ke depan telah dipesan," kata Michael.

Otoritas Bandara Internasional Hang Nadim Batam menyatakan sejumlah maskapai penerbangan berencana membuka rute baru ke beberapa daerah.

Kabid Operasional Darat Bandara Internasional Hang Nadim Saeful Bahri mengatakan, Garuda Indonesia pada pertengahan April membuka rute Batam-Medan, dan Mei mulai melayani Batam-Pekanbaru masing-masing satu kali sehari dengan pesawat Bombardier.

Sementara Express Air pada April membuka rute penerbangan Batam-Yogyakarta melalui Pontianak dengan pesawat Boeing 737 seri 300/500.

"Selain dua maskapai tersebut, masih ada Citilink yang sebelumnya juga sudah menambah beberapa rute penerbangan dari Batam," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto