Gelombang Laut China Selatan Capai Enam Meter

id Gelombang,Laut,China,Selatan,Capai,Enam,Meter

Gelombang Laut China Selatan Capai Enam Meter

Ilustrasi: Gelombang Laut (antaranews.com)

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Gelombang di Laut China Selatan sekitar perairan Kabupaten Natuna dan Kepulauan Anambas mencapai 4-6 meter, kata Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau Hartanto, Selasa.
       
"Empat hari lalu sampai sekarang merupakan puncak angin utara, yang menyebabkan gelombang laut di sebelah utara Kepulauan Riau tinggi. Puncak angin utara diperkirakan terjadi hingga dua hari ke depan," ucapnya.
       
Hartanto mengemukakan, kondisi gelombang laut pada musim utara di Natuna dan Anambas dalam setiap tahun hampir sama. Gelombang laut yang tinggi di saat laut pasang tidak hanya membahayakan keselamatan kapal yang lalu lalang di perairan Natuna dan Anambas, melainkan juga rumah-rumah panggung di pesisir.
       
"Gelombang laut yang kuat di saat laut pasang dapat merusak rumah di pesisir. Kami imbau warga pesisir mewaspadainya," katanya.
       
Gelombang setinggi itu tidak memungkinkan bagi nelayan untuk melaut, karena membahayakan keselamatannya. Nelayan sebaiknya menahan diri untuk tidak melaut sampai musim angin utara berakhir.
       
"Kami imbau nelayan tidak melaut," ucapnya.
       
Angin  utara tidak hanya terjadi di Natuna dan Anambas, melainkan juga di sebagian perairan Bintan, Lingga dan Karimun. Namun tinggi gelombang di Bintan, Lingga dan Karimun sekitar 3 meter.
       
"Cukup tinggi sehingga membahayakan transportasi laut dan nelayan," ujarnya. 
  
Sedangkan perairan di Tanjungpinang dan Batam cukup aman, karena rata-rat gelombang laut hanya setinggi 1 meter. Namun gelombang laut tersebut membuat penumpang feri jurusan Tanjungpinang-Batam maupun sebaliknya menjadi tidak nyaman.
       
"Di Kepri, gelombang laut terendah pada musim angin utara hanya terjadi di perairan Batam dan Tanjungpinang,"  katanya.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE