BMKG Peringatkan Nelayan Kepri Hati-hati

id BMKG,Nelayan,Kepri,cuaca,gelombang,natuna,karimun,anambas,batam,lingga,bintan,tanjungpinang

BMKG Peringatkan Nelayan Kepri Hati-hati

Ilustrasi: Gelombang laut (antaranews.com)

Batam (Antara Kepri) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam mengimbau nelayan dan operator transportasi laut di Kepulauan Riau (Kepri) berhati-hati dan waspada terhadap kemungkinan cuaca buruk yang akan terjadi pada Minggu.

Prakirawan BMKG Batam Adhitya Prakoso di Batam, Minggu, mengatakan cuaca buruk itu berupa gelombang tinggi, angin kencang dan arus laut yang kuat, terutama di perairan Natuna dan Anambas.

Menurut Prakoso, tinggi gelombang di Perairan Natuna dan Anambas diperkirakan mencapai 3,5 meter, angin bertiup hingga 40 km per jam dan arus laut mencapai 85 cm per detik.

"Untuk transportasi laut diimbau agar lebih berhati-hati," kata dia.

Sedangkan untuk transportasi darat dan udara, menurut dia, kondisi cuaca masih kondusif.

Secara umum, cuaca di Kepri diperkirakan berawan dan berpeluang hujan ringan hingga  sedang yang terkadang disertai petir.

Pola belokan angin di sekitar Kepri memicu berkumpulnya massa udara, ditambah kelembaban udara yang tinggi mendukung proses pertumbuhan banyak awan untuk hujan.

Secara detil, BMKG memprakirakan cuaca Kota Batam pada Minggu pagi berawan hujan ringan, siang berawan dan malam berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 37 kilometer per jam arah timur laut.

Suhu udara di Batam antara 24 sampai 30 derajat celcius dengan kelembaban 73 sampai 94 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 0,8 sampai dua meter.

Cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Minggu pagi hingga malam berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 34 kilometer per jam arah utara. 

Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 23 sampai 30 derajat Celcius dengan kelembaban 73 sampai 94 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan satu sampai 2,5 meter. 

Karimun pada Minggu pagi berawan hujan ringan, siang berawan dan malam berawan hujan ringan. Kecepatan angin mencapai lima sampai 32 kilometer per jam timur laut.

Suhu udara di Karimun antara 24 sampai 30 derajat Celcius dengan kelembaban 70 sampai 94 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,5 sampai 1,3 meter.

Cuaca di Lingga Minggu pagi hingga malam berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 32 kilometer per jam arah utara.

Suhu udara di Lingga antara 23 sampai 30 derajat Celcius dengan kelembaban 73 sampai 95 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan satu sampai 2,5 meter.

Kabupaten Natuna pada Minggu pagi berawan dan siang hingga malam berawan hujan. Kecepatan angin diprakirakan tujuh sampai 40 kilometer per jam arah utara.

Suhu udara di Natuna antara 23 sampai 28 derajat Celcius dengan kelembaban 83 sampai 97 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 1,2 sampai 3,5 meter.

Sedangkan di Kabupaten Anambas, pada Minggu pagi hingga malam berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan tujuh sampai 40 km per jam arah utara.

Suhu udara Anambas antara 23 sampai 28 derajat Celcius dengan kelembaban 84 sampai 96 persen. Sedangkan gelombang diperkirakan 1,2 sampai 3,5 meter. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE