Bupati Karimun Raih Penghargaan Dari Kementerian Sosial

id Bupati, Karimun, Raih, Penghargaan, Dari, Kementerian, Sosial

Karimun (Antara Kepri) - Bupati Karimun, Provinsi Kepulauan Riau Nurdin Basirun meraih penghargaan dari Kementerian Sosial karena dinilai memiliki kesetiakawanan sosial.
       
"Penghargaan itu diberikan Menteri Sosial kepada 11 kepala daerah, termasuk untuk Bupati Karimun," kata Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial Karimun Syafruddin AR di Tanjung Balai Karimun, Senin.
       
Menurut Syafruddin, penghargaan kesetiakawanan sosial yang ditandatangani Menteri Sosial Salim Segaf Al-Jufri berbentuk piagam dengan nomor 149/HUK/2013 yang diberikan dalam rangkaian peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional pada Desember 2013.
       
Ia menjelaskan, selaku kepala daerah, Bupati Karimun Nurdin Basirun dinilai memiliki perhatian besar terhadap penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). PMKS, di antaranya dukungan berupa kinerja maupun anggaran pendamping dalam melaksanakan program pengentasan PMKS yang diluncurkan Kemensos.
       
"Salah satunya adalah perhatian terhadap Program Keluarga Harapan (PKH), anggaran pendamping yang dialokasikan untuk program ini merupakan yang tertinggi se-kabupaten/kota," katanya.
       
Karimun, tutur dia, baru dua kali mendapatkan PKH namun dinilai sukses melaksanakannya.
       
Melalui program itu, kata dia lagi, angka anak putus sekolah dan angka kematian ibu hamil atau melahirkan dapat ditekan karena program tersebut memang diperuntukkan bagi warga miskin yang memiliki anak usia sekolah dan ibu hamil.
       
"Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami dalam melaksanakan program pengentasan PMKS meski dihadapkan pada berbagai kekurangan, misalnya tidak adanya panti rehabilitasi terpadu," tuturnya.
       
Dengan penghargaan itu, lanjut dia, Kabupaten Karimun telah meraih tiga penghargaan dari Kemensos.
       
Sebelumnya, Kemensos telah memberikan penghargaan dana sharing tertinggi untuk PKH dan penghargaan untuk anggaran terbesar kepada operator atau tenaga pendamping PKH yang tersebar di tingkat kecamatan.
       
"Kami berharap penghargaan ini menjadi penilaian positif bagi pemerintah pusat untuk membantu program pengentasan PMKS lainnya, termasuk pembangunan panti rehabilitasi terpadu," tambah Syafruddin AR.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE