BMKG Minta Nelayan Kepri Waspadai Gelombang Tinggi

id bmkg,hang,nadim,batam,nelayan,kepri,cuaca,gelombang,laut,karimun,tanjungpinang,lingga,anambas,natuna,bintan

BMKG Minta Nelayan Kepri Waspadai Gelombang Tinggi

Ilustrasi: gelombang tinggi laut (antaranews.com)

Batam (Antara Kepri) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam meminta para nelayan di Kepulauan Riau agar berhati-hati terhadap gelombang tinggi, angin kencang dan arus laut kuat yang diperkirakan melanda wilayah itu pada Selasa.

"Untuk transportasi laut diimbau agar berhati-hati terhadap angin kencang, gelombang tinggi dan arus laut yang kuat, di wilayah Perairan Natuna dan Perairan Anambas," kata petugas BMKG Hang Nadim Batam Nizam Mawardi.

Berdasarkan pantauan BMKG, kecepatan angin di Natuna dan Anambas mencapai 40 km per jam, gelombang laut 3,5 meter dan arus mencapai 85 cm per detik.

Ia mengatakan, adanya daerah tekanan rendah di selatan Filipina menyebabkan massa udara berkumpul di daerah itu yang menyebabkan berkurangnya pertumbuhan awan di Kepri.

"Nilai kelembaban udara yang rendah juga kurang mendukung proses pertumbuhan awan, hingga cuaca diprakirakan berawan dan berpeluang terjadi hujan ringan yang terkadang disertai petir," kata dia.

Kondisi itu, kata dia, masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat dan udara.

Secara detil, BMKG memprakirakan cuaca Kota Batam pada Selasa pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 38 kilometer per jam arah utara.

Suhu udara di Batam antara 24 sampai 31 derajat celcius dengan kelembaban 66 sampai 95 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 1,2 sampai 2,5 meter.

Cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Selasa pagi hingga malam diprakirakan berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 38 kilometer arah timur laut.

Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 24 sampai 31 derajat celcius dengan kelembaban 65 sampai 95 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan 1,2 sampai 2,5 meter.

Di Karimun pada Selasa pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin mencapai lima sampai 30 kilometer per jam arah timur laut.

Suhu udara di Karimun antara 25 sampai 31 derajat celcius dengan kelembaban 68 sampai 93 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,8 sampai 2 meter.

Sementara cuaca di Lingga Selasa pagi berawan hujan ringan, siang berawan dan malam berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 35 kilometer per jam arah utara.

Suhu udara di Lingga antara 23 sampai 31 derajat celcius dengan kelembaban 68 sampai 93 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 1,2 sampai 2,5 meter.

Kabupaten Natuna pada Selasa pagi berawan, siang berawan disertai hujan ringan dan malam kembali berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 40 kilometer arah barat utara.

Suhu udara di Natuna antara 24 sampai 30 derajat celcius dengan kelembaban 75 sampai 92 persen, sedangkan gelombang laut diperkirakan 1,5 sampai 3,5 meter.

Di Kabupaten Anambas, pada Selasa pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam kembali berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 40 kilometer arah utara.

Suhu udara Anambas antara 23 sampai 30 derajat celcius dengan kelembaban 75 sampai 92 persen. Sedangkan gelombang diperkirakan 1,5 sampai 3,5 meter. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE