Pemkab Karimun Benahi Fasilitas Tempat MTQ Kepri

id Pemkab,Karimun,Benah,Fasilitas,Tempat,MTQ,Kepri

Karimun (Antara Kepri) - Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Karimun membenahi sejumlah fasilitas umum di area pesisir Kota Tanjung Balai Karimun yang akan menjadi pusat pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran V tingkat Provinsi Kepulauan Riau.

"Fasilitas umum yang dibenahi antara lain jalan, pelataran Panggung Rakyat Putri Kemuning, dan WC atau toilet umum," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Abu Bakar di Coastal Area Tanjung Balai Karimun, Kamis.

Abu Bakar mengatakan, pembenahan jalan masuk maupun keluar Coastal Area bertujuan untuk mengantisipasi kemacetan karena kawasan yang menjadi pusat pelaksanaan MTQ itu diperkirakan akan dipadati lebih dari ribuan orang.

Dia menjelaskan median jalan di pintu masuk akan dibuka sehingga kendaraan, termasuk kendaraan yang mengikuti pawai taaruf dengan leluasa memasuki arena MTQ.

Dinas PU, kata dia, juga berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk mengatasi kemacetan, salah satunya dengan memberlakukan jalur satu arah menuju areal parkir.

"Kendaraan yang masuk dari Kelurahan Tebing, Kecamatan Tebing tidak dibenarkan menuju pusat kota Tanjung Balai Karimun, tetapi kita arahkan keluar dari jalan menuju Masjid Darul Jannah di Teluk Air," ucapnya.

Mengenai pelataran Panggung Rakyat Putri Kemuning yang menjadi pusat pelaksanaan MTQ, menurut dia akan dibenahi. "Keramik pelataran panggung rakyat yang sudah pecah atau rusak diganti. Pasir di pelataran yang kurang akan kita tambah," katanya.

Tak kalah pentingnya, kata Abu Bakar adalah pembenahan WC atau toilet umum yang saat ini baru dua unit di sisi kiri dan kanan panggung.

Ia mengatakan akan menambah delapan toilet umum portabel, antara lain di sisi laut panggung, di lokasi bekas pusat jajanan "Pinang Sebatang".

"Toilet umum itu akan kita pasang 'rolling door' untuk kenyamanan pengunjung yang menggunakannya. Selain itu, toilet portabel akan kita tinggikan 50 centimeter," ucapnya.

Aliran air dari toilet umum itu, menurut dia akan diarahkan pada dua arah, yaitu ke arah laut dan ke waduk yang berada di depan panggung rakyat.

"Kami akan memasang dua pipa untuk mengarahkan air dari toilet," ujarnya.

Ia mengatakan telah menginstruksikan jajarannya untuk menyelesaikan pembenahan toilet yang sudah ada dan penambahan 8 toilet portabel hingga sepuluh hari ke depan.

"Secara umum, pembenahan Coastal Area sudah 99 persen, tinggal 'finishing', termasuk pengerjaan astaka," ucapnya. (Antara)

Editor: Jo Seng Bie

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE