Pemkab Karimun Salurkan Langsung Dana Bencana Sinabung

id Pemkab,Karimun,Salur,Langsung,Dana,Bencana,Sinabung

Pemkab Karimun Salurkan Langsung Dana Bencana Sinabung

Wakil Bupati Karimun Aunur Rafiq (antarakepri.com)

Karimun (Antara Kepri) - Pemerintah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, akan menyalurkan langsung sumbangan masyarakat yang digalang para relawan kepada para korban letusan Gunung Sinabung, Sumatera Utara.

"Kami menyiapkan enam truk untuk mengangkut barang-barang tersebut ke daerah terkena bencana, masing-masing truk memuat barang senilai Rp73.343.000," kata Ketua Penggalangan Dana Bencana Sinabung Aunur Rafiq di Tanjung Balai Karimun, Kamis.

Sebelum didistribusikan, lanjut dia, tim akan mengutus dua relawan untuk melakukan survei bencana sehingga tidak kebingungan ketika tim berangkat menyalurkan bantuan.

"Tim direncanakan berangkat pada 22 atau 23 Februari dengan dipimpin langsung oleh bupati. Sedangkan dana yang terhimpun akan dibelikan barang-barang di Pekanbaru, Riau," katanya.

Pada kesempatan itu, Aunur Rafiq yang juga Wakil Bupati Karimun mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para relawan yang meluangkan waktunya untuk menggalang dana.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah menyisihkan rezekinya untuk disumbangkan kepada saudara yang ditimpa musibah.

"Penggalangan dana yang kita lakukan adalah bentuk solidaritas dan rasa senasib sepenanggungan dengan saudara kita yang membutuhkan bantuan," kata dia.

Sejak menggalang dana pada Kamis (6/2), puluhan relawan menghimpun sumbangan warga masyarakat sebesar Rp476.630.500 ditambah 300 kardus besar berisi pakaian layak pakai, selimut, dan lainnya.

"Sumbangan sebanyak itu terhimpun melalui kotak-kotak amal yang diedarkan di sejumlah pusat keramaian dan persimpangan jalan sejak Kamis (6/2)," katanya.

Aunur Rafiq menambahkan dana sebanyak itu akan dibelikan barang-barang yang dibutuhkan para korban letusan Gunung Sinabung seperti mi cepat saji, selimut, beras, sarden dalam kemasan kaleng, pakaian bayi, buku-buku sekolah dan kebutuhan pokok lainnya.

Ia mengatakan, sumbangan berbentuk barang lebih efektif dibandingkan uang tunai karena jika berbentuk barang maka bisa dimanfaatkan langsung oleh para korban yang membutuhkan berbagai logistik di pengungsian.

Ia juga menambahkan bahwa dalam waktu dekat juga akan dibentuk relawan penggalangan dana letusan Gunung Kelud, Jawa Tengah. (Antara)

Edito: Jo Seng Bie

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE