Peserta Latma Komodo Keliling Kota Hormati Warga

id peserta,latihan,bersama,latma,komodi,keliling,kota,hormati,warga

Batam (Antara Kepri) - Ratusan peserta Latihan Bersama Angkatan Laut Multilateral Naval Exercise Komodo 2014 dari 17 negara berkeliling Kota Batam Kepulauan Riau untuk menghormati warga kota yang telah menjamu tentara dengan baik, Minggu.

"Para peserta Latma melakukan kirab, sebagai bentuk penghormatan kepada warga Batam, sebagai tuan rumah," kata Direktur Latihan MNEK 2014 Laksamana Pertama TNI A. Oktavian.

Kirab peserta Latma Komodo dinanti ribuan warga yang memadati sepanjang jalan, dari Penuin, Nagoya hingga kawasan pelabuhan Harbour Bay.

Sayangnya, tidak seluruh negara peserta Latma Komodo yang mengikutsertakan angkatan lautnya dalam kirab. Meski begitu, tidak mengurangi antusiasme warga yang menyambut kirab.

Kirab dibuka dengan penampilan marching band milik TNI Angkatan Laut. Tepat di depan halte Nagoya Hill, marching band AL berhenti sejenak untuk menampilkan atraksi dari mayoret.

Di belakang TNI AL, prajurit angkatan laut dari Singapura, Malaysia, Vietnam, Jepang dan Rusia menyusul. Beberapa kali mereka melambaikan tangan ke arah warga Batam yang berdesakan.

Selain TNI AL, TNI AD dan pelajar Batam juga menampilkan marching band dalam kirab itu.

Seorang warga, Zhafira, mengatakan senang dengan penghormatan yang dilakukan peserta Latma Komodo 2014 dengan berkeliling kota menyapa warga melalui kirab.

"Sayang, angkatan laut dari negara lainnya tidak ikut memainkan marching band," kata dia.

Sementara itu, beberapa orang peserta Latma Komodo 2014 terlihat berbelanja di pusat perbelanjaan Nagoya Hill Batam.

Anggota angkatan laut itu berjalan-jalan masih menggunakan kartu kepesertaan Latma yang dikalungkan di leher, sehingga mudah dikenali.

Dinas Pariwisata Kota Batam sengaja menyiapkan beberapa bus untuk mengantar dan menjemput peserta Latma Komodo yang hendak berbelanja di mal-mal, untuk menjamu sekaligus berupaya untuk meningkatkan ekonomi di kota kepulauan itu.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE