DPRD Batam Panggil Seluruh Lurah/Camat

id DPRD,Batam,Panggil,netral,Lurah,Camat,pemilu

Batam (Antara Kepri) - DPRD Kota Batam, Kepulauan Riau, memanggil seluruh lurah dan camat untuk memastikan seluruh perangkat daerah bersikap netral dan tidak terlibat langsung dengan partai politik dalam Pemilu Legislatif 2014.

"Kami mengundang seluruh lurah, sekaligus mengkonfirmasi isu ketidaknetralan dalam Pemilu," kata Ketua Komisi I DPRD Kota Batam Nuryanto di Batam, Selasa.

Ia mengatakan selama ini banyak beredar isyu beberapa lurah memihak dan mengajak warganya untuk memilih partai tertentu.

Nuryanto mengajak seluruh pegawai negeri sipil untuk menjaga netralitasnya dalam Pemilu.

Anggota Komisi I DPRD Batam Helmy Hemilton meminta seluruh lurah dan camat tidak mengintervensi warganya untuk memilih partai atau caleg tertentu.

Pejabat negara, termasuk lurah dan camat harus menjamin kebebasan semua orang dalam menggunakan haknya.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Batam Firmansyah mengatakan PNS dilarang untuk terlibat langsung dalam pemilu. Jika ketahuan terlibat dalam Pemilu, bisa diberikan sanksi pidana.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu Suryadi Prabu mengatakan banyak mendengar isyu ada lurah yang terlibat dalam politik praktis, namun tidak ada bukti hingga prosesnya tidak dapat dilanjutkan.

Panwaslu sampai saat ini baru mendapatkan satu laporan resmi mengenai keterlibatan lurah, yaitu Lurah Tanjung Sengkuang, Taher.

"Tapi, yang Tanjung Sengkuang itu tidak dapat dilanjutkan karena tidak ada buktinya," kata dia.

Ia memastikan Panwaslu akan memasang mata dan terus memantau gerakan setiap lurah dan camat agar tidak memihak dan mengajak warganya untuk memilih partai tertentu.

Sementara itu, Ketua KPU Batam Muhammad Syahdan juga mengimbau PNS tidak mengintervensi seseorang memilih partai tertentu.

"PNS atau pemerintah bisa terlibat dalam Pemilu, tetapi hanya untuk memberikan masukan dan dorongan. Misalnya untuk KPU, ada beberapa PNS yang dilibatkan karena memang kekurangan orang," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE