Gubernur: Persiapan MTQ ke-25 Capai 95 Persen

id Gubernur,Persiapan,MTQ,pemilu,kepri,batam,nasional

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Gubernur Kepulauan Riau HM Sani menyatakan, persiapan Musabaqah Tilawatil Quran ke-25 di Batam sudah mencapai 95 persen.

Pernyataan itu disampaikan gubernur saat menghadiri peresmian Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di Auditorium Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis.

"Sejauh ini kesiapan pelaksanaan MTQ sudah mendekati siap. Artinya, persiapan sudah lebih dari 95 persen," kata HM Sani, berdasarkan rilis yang dikirim Biro Humas dan Protokoler Pemerintah Kepri.

Di hadapan Menteri Agama Surya Dharma Ali, gubernur juga mengatakan, konsep pembangunan astaqa MTQ di Batam mengadopsi dari Masjid Nabawi. Pelaksanaan MTQ juga disejalankan dengan kegiatan Pekan Produk Kreatif Indonesia dan kegiatan lainnya yang bermanfaat untuk kepentingan masyarakat.

"Semua sarana dan prasarana sudah  siap untuk menyukseskan pelaksanaan MTQ," ujar gubernur.

Usai memberikan laporan dari HM Sani, selanjutnya Menteri Agama mendapatkan gambaran persiapan MTQ melalui tayangan video. "Kami mengupayakan acara ini sukses," katanya.

Menag Surya Darma Ali dalam sambutannya mengemukakan, pelaksanaan MTQ di Kepri diharapkan bisa sukses. Seperti pelaksanaan MTQ dua tahun lalu di Ambon Maluku, juga berlangsung dengan sukses.

"Sukses di sini, sukses dalam penyelenggaraannya dan juga sukses dalam membina kerukunan antarumat beragama. Sukses dua ini, seyogyanya bisa diraih dalam MTQ ke-25 Juni 2014 mendatang di Batam, Kepri," kata Menag.

Menag juga menceritakan bagaimana kerukunan umat beragama di Indonesia terjadi. Pelaksanaan Pespewari di Kendari juga sukses, karena sebagian besar kegiatan tersebut mendapat dukungan dari tenaga-tenaga muslim.

"Ini contoh kerukunan dan toleransi yang terus terjadi di tanah air. Dan ini harus terus dipupuk," katanya.

Menag juga sangat mendukung sekali, kalau pelaksanaan MTQ kali ini disejalankan dengan kegiatan Pekan Produk Kreatif Indonesia dan kegiatan lainnya. Selain acara pendukung, kegiatan MTQ nanti diharapkan juga bisa menjadi ajang pertemuan ahli bidang agama Islam, guna menggali lebih dalam lagi tentang makna dan kandungan Alquran.

"Puncaknya pelaksanaan MTQ nanti bisa menjadi wisata religi yang banyak menyedot wisata ke Batam Kepri," harapnya.

Peresmian MTQ ke-25 juga dihadiri langsung Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, Kepala Kanwil Kemenag se-Indonesia serta jajaran Pemerintah Kota Batam. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE