KPU Batam Selesaikan Distribusi Logistik Pemilu

id KPU,Batam,Selesaikan,Distribusi,Logistik,Pemilu

KPU Batam Selesaikan Distribusi Logistik Pemilu

Sejumlah kotak suara diangkut dengan perahu di perairan Pulau Sambu, Batam, Senin (7/4). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam mendistribusikan 15 ribu surat suara, 188 kotak suara, bilik pencoblosan, dan kelengkapan lain ke beberapa pulau terdepan

Batam (Antara Kepri) - Komisi Pemilihan Umum Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Senin sore, menyelesaikan seluruh pendistribusian logistik Pemilihan Umum Legislatif 9 April 2014.

"Seluruh logistik di 12 kecamatan sudah kami distribusikan hingga sore ini (Senin). Terakhir Kecamatan Lubukbaja, Batuampar, dan Belakangpadang," kata Komisioner KPU Batam, Mulkan Siregar di Batam, Senin.

Ia mengatakan pendistribusian logistik Pemilu di sembilan kecamatan di Pulau Batam (pulau utama) dan tiga di pesisir (Bulang, Galang, Belakangpadang) sesuai target meski pada awal pendistribusian terjadi hujan dan sempat mengganggu petugas distribusi.

Pendistribusian logistik Pemilu Kota Batam dimulai pada Jumat (4/4) untuk wilayah Sekupang, Batuaji, Sagulung. Selanjutnya Nongsa, Seibeduk, Bulang, Galang, kemudian Batam Kota, Bengkong, Batuampar, Lubuk Baja, dan Belakangpadang.

"Awalnya kami sempat khawatir pendistribusian untuk Belakangpadang mulai Senin pagi tadi terkendala cuaca. Namun Alhamdulillah cuaca bagus, jadi tidak ada masalah lagi," kata dia.

Untuk wilayah pesisir, kata Mulkan, pendistribusian menggunakan kapal kayu yang disewa oleh KPU Batam sesuai anggaran.

Sementara kawasan Pulau Batam, kata dia, didistribusikan menggunakan truk-truk sesuai dengan kecamatan tujuan dengan pengawalan ketat petugas kepolisian dibantu TNI.

Terpisah, Kabid Humas Polda Kepri, AKBP Hartono mengatakan sekitar 3.000 anggota kepolisian diserahkan untuk mengawal logistik pemilu dan mengamankan proses pemilihan umum pada 9 April 2014 mendatang.

"Sebagian mengamankan logistik pemilu pada masing-masing wilayah. Sisanya lagi akan berpatroli menjaga keamanan.Total sekitar 3.000 personel," kata dia.

Dari tujuh kota/kabupaten di Kepri, jumlah petugas pengamanan terbanyak berada di Batam yang memiliki penduduk dan jumlah TPS terbanyak.

"Batam jumlah pengamanannya paling banyak. Karena lebih dari separuh pemilih berada di Batam," kata Hartono. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE