Logistik Pemilu Natuna Selesai Didistribusikan ke Semua TPS

id Logistik, Pemilu, di Natuna, Selesai, Didistribusikan, ke Semua, TPS, Zam Jambak

Natuna (Antara Kepri) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Natuna telah selesai mendistribusikan kelengkapan pemilu 2014 ke setiap PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan ke seluruhan TPS.

"Pada hari Selasa (8/4) ini, semua logistik pemilu sudah sampai di semua Tempat Pemungutan Suara (TPS), seperti kotak suara, bilik suara, bantalan pencoblosan dan tinta," ungkap Ketua KPU Natuna, Affuandris, Selasa.

Pendistribusian logistik tersebut dilakukan secara bertahap hingga menjelang H-1. Untuk menghindari molornya proses pengiriman ke masing-masing kecamatan, KPUD Natuna memprioritaskan pengiriman untuk kecamatan yang berada di pulau diterjauh dan terluar.

"Untuk pendistribusian logistik pemilu, KPU Natuna lebih memperioritaskan terhadap daerah yang jauh, misalnya ke Kecamatan Serasan, Serasan Timur,  Midai, Pulau Laut, Pulau Tiga, Bunguran Barat dan Subi," ungkapnya.

Affuandris mengatakan, kelengkapan di TPS di setiap PPK itu meliputi ada yang cetak, ada yang non-cetak yang terdiri dari kotak suara, bilik suara, bantalan pencoblosan dan tinta.

Untuk melakukan pendistribusian logistik pemilu ke daerah pulau terluar dan terjauh tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Natuna menyewa enam kapal. Sedangkan untuk daerah yang berada di sekitar pulau Bunguran Besar, seperti kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Timur Laut, Bunguran Selatan, Bunguran Tengah dan Bunguran Utara, menggunakan tiga truk sewaan.

"Pendistribusian logistik pemilu untuk kecamatan dipulau pulau yang jauh menggunakan kapal sewaan, sedangkan untuk wilayah daratan mengggunakan angkutan darat," katanya.

Untuk menjaga keamanan distribusi itu, kata Affuandris, setiap armada pembawa logistik dikawal dua orang aparat keamanan dari Polres Natuna, termasuk dari staf KPU.

"Logistik berupa surat suara dan berbagai formulir yang dimasukkan dalam kotak suara dalam  keadaan bersegel. Ini untuk menjamin kerahasiaan dan keutuhan logiostik pemilu. Sedangkan jumlah surat suara yang didistribusikan, sesuai jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT)," ujarnya. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE