Antusias Warga Ranai Untuk Memilih Rendah

id Antusias, Warga Ranai, Untuk Memilih, Rendah, natuna, Zam jambak

Antusias Warga Ranai Untuk Memilih Rendah

KPPS legislatif 2014 di TPS VI, Air Kubang, Ranai (antarakepri.com/Zam Jambrak)

Natuna (Antara Kepri) - Antusias warga di Kota Ranai untuk menggunakan hak pilihnya dalam pemilu Legislatif 2014 ini dinilai cukup rendah yang dibuktikan, dengan kurangnya formulir C-6 (undangan) yang masuk ke sejumlah KPPS dan TPS di Kecamatan Bunguran Timur, hingga waktu pemilihan berakhir pada Rabu siang.

Seperti yang diungkapkan oleh Ketua KPPS di TPS 18, Batu Kapal, Ranai, Aminullah, bahwa hingga batas waktu berakhir pada pukul 13.00 WIB, hanya 314 pemilih yang menggunakan suaranya. Padahal daftar DPT yang memilih di TPS tersebut berjumlah 452 orang.

"Hingga batas waktu yang ditentukan, yaitu pukul 13.00 WIB, hanya 314 orang saja yang ikut mencoblos, sedangkan yang tidak memilih atau mencoblos sesuai dengan sisa surat suara, berjumlah 138 lembar, berarti ada sekitar 30 persen yang tidak menggunakan hak suaranya di TPS ini," ungkapnya.

Di TPS VIII, di lapangan bola kaki Srindit, Ranai Kota, juga terjadi hal yang sama, dari 256 surat suara untuk DPT untuk pileg DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten, hanya 170 orang saja ikut mencoblos, dan sisanya berjumlah 86 surat suara tidak ikut mencoblos.

"Di TPS VIII ini hanya 170 saja yang mencoblos, sedangkan surat suara yang tidak dicoblos ada 86 surat suara," ujar Muslim salah seorang panitia di TPS tersebut.

Kemudian di TPS 5 jalan Datuk Kaya Mohammad Benteng, di SD 001 Ranai, dari 279 surat suara legislatif, 106 tidak mencoblos.

"Disini, hanya 173 pemilih yang menggunakan hak suaranya, dan 106 pemilih yang tidak memilih," ungkap Muspidar, Ketua KPPS di TPS 5.

Selanjutnya, di TPS 6, jalan Air Kubang, dari 460 orang yang berhak memilih, hanya 286 saja yang mencoblos.

"Di TPS 6 ini yang mencoblos cuma 286 orang saja, pada hal jumlah pemilih yang ditetapkan oleh KPU berjumlah 460 orang, berarti sebanyak 184 orang warga tidak memilih. Ya, sekitar 30 persen yang tidak menggunakan hak suara," pungkasnya.

Sementara itu, pantauan Antara hingga pukul 18.00 WIB, proses perhitungan suara di sejumlah TPS di wilayah Ranai, Bunguran Timur, terus berlangsung. Rencananya, para PPS di Kecamatan tersebut akan melakukan pleno perhitungan suara bersama KPU Natuna pada pukul 20.00 WIB hingga selesai. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE