Pemilihan Ulang TPS 275 Tanjungpinang Minggu

id Pemilihan,Ulang,TPS,Tanjungpinang,Minggu,pemilu

Pemilihan Ulang TPS 275 Tanjungpinang Minggu

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Pemilihan ulang Pemilu Legislatif 2014 di Tempat Pemungutan Suara 275/36 Kampung Sidomulyo, Kelurahan Pinang Kencana, Tanjungpinang Timur, dijadwalkan pada Minggu (13/4), kata komisioner KPU Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.

"Pemilihan ulang di tempat pemungutan suara itu sudah diputuskan pada hari Minggu (13/4), di TPS yang sama," kata Komisioner KPU Tanjungpinang, Djohari, Jumat.

Ia mengemukakan, pemilihan ulang terjadi lantaran sebanyak 19 dari 126 lembar surat suara yang sudah dicoblos di TPS itu, Rabu (9/4) merupakan surat suara untuk daerah pemilihan I (Tanjungpinang Barat-Tanjungpinang Kota).

Hal itu diketahui setelah petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) menemukan 156 lembar surat suara untuk dapil Tanjungpinang I.

"Saat ini kotak suara dan surat suara diamankan pihak kepolisian," ujarnya.

Djohari menegaskan, proses pemungutan suara yang bermasalah di Tanjungpinang hanya di TPS 275. Sedangkan TPS 276/36 Tanjungpinang Timur tidak ada permasalahan.

Anggota Panwaslu Tanjungpinang Baharudin, sebelumnya menyebutkan hasil pencoblosan bermasalah di TPS 276.

"Mungkin itu hanya kesalahan penyebutan nama TPS. Kami yakin tempat yang dimaksud adalah TPS 275/36," katanya.

Ketua Divisi Hukum KPU Tanjungpinang Dewi Haryanti sebelumnya mengatakan, untuk mengakomodir hak warga agar tidak terjadi kesalahan dalam penghitungan ditambah 126 orang pemilih yang telah menggunakan hak suaranya terancam hilang, maka disepakati penghentian pemilihan dan akan dilakukan pemilihan ulang secara keseluruhan.

"Sesuai undang-undang, pemilihan ulang dilakukan maksimal 10 hari usai hari H pencoblosan," kata Dewi.

Menurut Dewi, KPU Tanjungpinang segera melakukan pleno untuk pemilihan ulang dan mengharapkan semua pihak dapat menerimanya demi kepentingan bersama serta menjamin hak suara pemilih dapat tersalurkan sebagaimana mestinya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE