PLTS Desa Selaut Bunguran Barat Resmi Beroperasi

id PLTS, Desa, Selaut, Bunguran, Barat, Resmi, Beroperasi

Natuna (Antara Kepri) - Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Desa Selaut, Kecamatan Bunguran Barat, Kabupaten Natuna resmi beroperasi. PLTS dengan kapasitas 15 KWp ini, diperuntukan bagi 97 pelanggan dengan pengelolaannya diserahkan kepada Organisai Masyarakat Setempat (OMS).

"PLTS ini berkapasitas 15KWp, masing-masing pelanggan mendapat jatah 260KWH per harinya. Selain itu, pelanggan juga mendapat jatah 3 buah lampu hemat energi dan satu stop kontak untuk pengecasan handphone atau alat sederhana lainnya," ungkap Sekretaris Distamben Kabupaten Natuna, Raja Darmika, Senin. 

Raja Darmika mengatakan, pembangunan PLTS ini ini merupakan bantuan dari Kementrian ESDM melalui Dirjen Energi Baru Terbarukan senilai Rp2,2 miliyar, yang pengelolaannya langsung diserahkan ke Organisasi Masyarakat Setempat.

"Pembangunan PLTS ini murni dari Kementrian ESDM melalui Dirjen Energi Baru Terbarukan. Sedangkan mekanisme pengeloaan dan perawatannya, diserahkan semuanya kepada Organisai Masyarakat Setempat (OMS), di bawah binaan dan pengawasan Distamben," jelasnya.

Diawal pengelolaannya tambah Raja, masing-masing masyarakat dikenakan biaya penyambungan sebesar Rp200 ribu atau sebesar kesepakatan desa dan Distamben.

"Biaya tersebut menjadi modal awal unit pengelola PLTS oleh Organisasi masyarakat itu. Sedangkan, kewajiban membayar beban penggunaan PLTS, dibebankan sebesar Rp60 ribu per bulan atau sebesar kesepakatan desa dan Distamben," ujarnya.

Kalau kita hitung-hitung kata Raja, biaya yang dikeluarkan oleh pelanggan setiap bulannya, jauh lebih hemat, jika dibandingkan dengan pemakian mesin diesel lainnya.

"Mudah-mudahan PLTS terpusat ini menjadi berkah dan bermanfaat bagi masyarakat desa Selaut. Dan desa ini menjadi desa percontohan pengelola PLTS yang barhasil dengan kemandirian dan pemberdayaan masyarakat," pungkasnya. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE