UN di Batam Diwarnai Kasus Kekurangan Soal

id UN,Batam,Kasus,Kekurangan,Soal,ujian,nasional,sma

Batam (Antara) - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Kota Batam Kepulauan Riau pada hari kedua, Selasa, masih diwarnai kasus kekurangan soal di sejumlah sekolah, kata Ketua Panitia UN Kota Batam Andi Agung.

"Masih terjadi seperti kemarin, rata-rata sekolah kekurangan soal," kata Andi Agung usai meninjau pelaksanaan UN di Batam, Selasa.

Ada beberapa sekolah yang kekurangan soal matematika yang diuji hari ini, di antaranya SMK Eppata di Batu Aji, kata Andi.

"Saya lupa nama sekolah yang lain," kata Andi.

Ia mengatakan pemerintah menyiapkan dua solusi untuk menyelesaikan masalah kekurangan soal, yaitu menggunakan cadangan soal di sekolah lain yang terdekat atau menggandakan dari soal yang sudah ada.

"Kalau kekurangannya sedikit, mudah untuk ditangani, kecuali seperti kemarin, tidak ada soal sama sekali," kata dia.

Foto kopi soal disaksikan pemantau UN yang terdiri dari pemantau independen dan dari perguruan tinggi serta aparat kepolisian.

Menurut dia, panitia tidak akan menggandakan tanpa disaksikan pemantau dan aparat kepolisian, untuk meminimalkan dugaan tindak kecurangan.

Sementara itu, hingga hari ke dua, hanya satu orang peserta yang tidak ikut ujian dengan alasan sakit, yaitu seorang siswa di SMA Pulau Belakang Padang.

Siswa yang sakit akan mengikuti UN susulan yang dilaksanakan di sekolahnya pada 22 April 2014.

"Yang sakit hanya seorang, di Belakang Padang, tahun ini jauh lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya. Tidak ada yang ujian di rumah sakit dan Lapas," kata dia.

Sementara mengenai dugaan kecurangan, ia mengatakan tidak ada kebocoran soal ataupun jawaban. Ia memastikan tidak ada jawaban UN yang beredar di tangan siswa, seperti di daerah lain.

"Alhamdulillah, belum ada soal kebocoran jawaban dan sebagainya. Mudah-mudahan bisa murni hasil pemikiran siswa," kata dia.

Disdik Batam membuat peraturan sangat ketat, mulai dari melarang siswa membawa ponsel ke tempat ujian, hingga mengawal secara ketat jika siswa hendak ke kamar kecil. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE