Pemkot Batam-Medan Kerja Sama Berbagai Bidang

id Pemkot,Batam,Medan,Kerja,Sama,Berbagai,Bidang,industri,pariwisata,pertanian,kelautan

Batam (Antara Kepri) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, dalam berbagai bidang yang saling menguntungkan bagi dua kota metropolitan itu.

Kerja sama dituangkan dalam Nota Kesepahaman yang ditandatangani masing-masing kepala daerah, usai pembukaan Rapat Kerja Komisariat Wilayah I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia di Batam, Kamis.

Wali Kota Medan Harudman Harahap mengatakan bagi Medan kerja sama itu sangat menguntungkan, karena Medan akan belajar mengembangkan industri pariwisata, UMKM, serta pertanian dan kelautan.

"Kerja sama untuk bidang pariwisata, UMKM, pertanian dan kelautan, Batam dan Medan saling tukar menukar informasi, memajukan satu sama lain," kata dia.

Menurut Harudman, dalam beberapa sisi, Batam lebih maju, misalnya bidang pariwisata dan industri.

Di tempat yang sama, Wali Kota Batam Ahmad Dahlan mengatakan kerja sama itu menguntungkan bagi Batam untuk memastikan pasokan sayur dari Medan.

"Kerja sama mendatangkan sayur, karena selama ini Batam mendatangkan sayur dari luar. Hanya 30 persen pasokan sayur berada dari lokal. Dengan kerja sama ini, akan ditingkatkan lagi pasokan dari Medan," kata dia.

Dengan distribusi sayur yang baik dari Medan ke Batam, maka diharapkan dapat menekan harga yang kerap membumbung tinggi kala musim angin kencang dan gelombang laut kuat.

Selain itu, kerja sama Batam-Medan juga bisa membantu peningkatan kunjungan wisman.

"Kunjungan wisman terbesar ke Indonesia itu pertama Bali, Jakarta, Batam dan selanjutnya Medan. Dan seperti saya bilang kemarin, Batam tidak lagi menjadi tujuan akhir pariwisata, tetapi menjadi tempat transit. Jadi wisman transit di Batam, lalu pergi ke Medan," kata Wali Kota.

Dengan begitu, diharapkan kunjungan wisman ke dua kota dapat terdongkrak, kata Ahmad Dahlan.

Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Saud Situmorang mengatakan kerja sama antar daerah amat menguntungkan, dari sisi pelaksanaan pemerintahan dan juga investasi.

Menurut dia, kerja sama antardaerah amat diperlukan untuk saling mendukung pembangunan, saling memenuhi kebutuhan tiap daerah demi menyejahterakan masyarakat. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE