Puskesmas Karimun Layani Ribuan Peserta BPJS

id Puskesmas,Karimun,Peserta,jamkesmas,askes,jamsostek,BPJS,jaminan,sosial,kesehatan

Puskesmas Karimun Layani Ribuan Peserta BPJS

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan

Karimun (Antara Kepri) - Puskesmas Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau menyatakan telah melayani ribuan pasien yang menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Sebagian besar dari ribuan peserta BPJS yang dilayani adalah pasien rawat jalan, kemudian ibu-ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya," kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha Puskesmas Tanjung Balai Karimun Azmi di sela acara syukuran penggunaan gedung puskesmas yang baru, Kamis.

Azmi mengatakan, pemegang kartu Askes, Jamkesmas dan Jamsostek otomatis peserta BPJS Kesehatan. Karena itu, pasien yang menunjukkan kartu pelayanan kesehatan itu berhak mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.

"Pemegang kartu Askes, Jamkesmas atau Jamsostek tidak terkecuali daerah pulau-pulau atau 'hinterland' dapat dilayani dengan menunjukkan kartu tersebut," ucapnya.

Puskesmas Tanjung Balai Karimun yang terletak di belakang rumah dinas Bupati Karimun kini memiliki gedung baru yang selesai dikerjakan pada Desember 2013.

Gedung baru tersebut, jelas dia memiliki ruang unit gawat darurat lebih representatif dan siap melayani pasien 1x24 jam, termasuk peserta BPJS Kesehatan.

Ia mengatakan, gedung baru tersebut juga memiliki poli gigi, poli migs, labor, apotek farmasi dan lainnya.

Kemudian, kata dia lagi juga dilengkapi ruang rawat inap kelas VIP sebanyak tiga kamar, kelas I empat kamar, kelas II empat kamar, kelas III dua kamar, perawatan kebidanan empat dengan 35 tempat tidur.

"Keberadaan gedung baru yang representatif ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi pasien, tidak terkecuali peserta BPJS," kata dia.

Menurut dia, puskesmas merupakan instalasi pelayanan kesehatan pemerintah yang mengedepankan fungsi pelayanan kesehatan masyarakat secara menyeluruh.

"Kami menginginkan pelayanan kesehatan masyarakat secara promotif dan preventif dengan pelayanan medis standar dengan dukungan dokter yang pegawai yang siap melayani 1x24 jam," katanya.

Salah seorang pasien yang juga pemegang kartu Jamkesmas Rina mengatakan, pelayanan kesehatan di Puskesmas Tanjung Balai Karimun makin baik. Namun demikian, ia berharap agar pelayanan terus ditingkatkan.

"Sudah cukup baik. Namun kami harapkan agar ditingkatkan, salah satunya kesiapan dokter dalam memberikan pelayanan selama 24 jam," ucapnya. (Antara)

Editor: Muhammad Yusuf

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE