Tokoh Antarumat Beragama Tanam Pohon Pra-MTQ Batam

id Tokoh,Antar,umat,Beragama,Tanam,Pohon,Pra,MTQ,Batam

Tokoh Antarumat Beragama Tanam Pohon Pra-MTQ Batam

Batam (Antara Kepri) - Beberapa tokoh antarumat beragama dijadwalkan menanam pohon dalam acara pra-Musabaqah Tilawatil Quran tingkat nasional di Batam, sebagai wujud kerukunan antarumat dan dukungan terhadap pelaksanaan MTQ itu.

"Pra-MTQ akan ada penanaman pohon yang dihadiri tokoh-tokoh nasional dari berbagai agama, organisasi kemasyarakatan dan lainnya," kata Ketua Panitia MTQ Nasional XXV, Soerya Respationo di Batam, Jumat.

Pemerintah provinsi bekerja sama dengan Kementerian Kehutanan menyiapkan bibit pohon trembesi untuk ditanam di sekitar Islamic Centre, yang nantinya menjadi tempat penyelnggaraan Pekan Produk Kreatif Indonsia.

Menurut Soerya, penanaman pohon yang dilakukan oleh tokoh antarumat beragama itu menunjukkan MTQ tidak hanya menjadi acara muslim, melainkan juga bisa mempererat hubungan sesama umat beragama.

Mengenai persiapan pelaksanaan MTQ, pria yang juga Wakil Gubernur Kepulauan Riau itu mengatakan seluruhnya sudah hampir rampung. Pembangunan infrastruktur hampir seluruhnya terwujud.

Namun, untuk menyempurnakan pelaksanaan MTQ yang disejalankan dengan PPKI, pemprov masih akan mewujudkan bangunan tambahan untuk mempercantik kota, di antaranya ruang penghubung antara tempat pelaksanaan MTQ dengan PPKI.

Pemprov rencananya membangun dinding di jalan penghubung. Dinding itu nanti diisi lukisan, grafiti dan kreasi lainnya.

"Nanti akan dibangun dinding tempat lukisan, grafiti dan kreasi lainnya, mulai dari jalan potong Graha Kepri ke Graha Pena. Jadi dua acara itu dibuat menyatu," kata Ketua Panitia Pelaksana MTQ Nasional Soerya Respationo di Batam, Kamis (17/4).

Dengan hiasan di sepanjang jalan itu, diharapkan dapat memanjakan pengunjung MTQ yang ingin melihat PPKI, atau sebaliknya, sehingga perjalanan beberapa ratus meter itu tidak terasa.

Ia mengatakan MTQ tingkat nasional di Batam dan PPKI sengaja dibuat terintegrasi, agar saling menguntungkan. Produk-produk yang ditawarkan oleh UKM dari seluruh Indonesia itu, bisa dijadikan cinderamata bagi kafilah dan pengunjung MTQ. Demikian pula pelaksanaan MTQ diharapkan bisa menambah daya tarik PPKI. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE