Logistik Pileg Kepri Dimanfaatkan Untuk Pilpres

id Logistik, Pileg, Kepri, Dimanfaatkan, Untuk, Pilpres

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau akan menggunakan kembali logistik Pemilu Legislatif 2014 untuk kepentingan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014.

"Tetapi tidak semua logistik dapat digunakan. Logistik yang bisa digunakan kembali hanya kotak suara dan bilik suara, sedangkan logistik lainnya tidak dapat digunakan," kata Ketua KPU Kepulauan Riau (Kepri) Said Sirajudin, yang dihubungi dari Tanjungpinang, Minggu.

Dia menambahkan, seluruh kotak suara dan bilik suara akan diperiksa kembali. Jika ditemukan kerusakan akan diganti, disesuaikan dengan kebutuhan.

Sementara itu tinta, paku dan karet akan diganti. Sedangkan gembok akan diperiksa, apakah masih dalam kondisi baik atau sudah rusak.

"Pasti ada yang tidak dapat digunakan kembali, karena rusak," ungkapnya.

Sekitar 2.000 kotak suara yang disediakan pada Pemilu Legislatif 2014 tidak dapat digunakan, karena terbuat dari bahan kardus. Kotak suara itu disediakan untuk menutupi kekurangan pada Pemilu Legislatif 2014.

"Kotak suara yang terbuat dari bahan untuk membuat kardus tentu tidak tahan lama, karena itu akan diganti," ungkapnya.

Terkait tahap Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014 sudah berjalan. Saat ini, lanjut dia, KPU Kepulauan Riau (Kepri) masih memverifikasi daftar nama pemilih.

Daftar nama masyarakat yang memiliki hak pilih pada Pemilu Legislatif masuk dalam daftar pemilih sementara.

"Warga yang berusia 17 tahun pada 9 Juli 2014 akan dimasukan dalam daftar pemilih tetap. Sementara daftar nama pemilih yang sudah menjadi anggota TNI dan Polri dan meninggal dunia akan dihapus," ungkapnya.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE