PDAM Natuna Akan Bangun Bendungan Penampung Air

id PDAM Natuna, Akan Bangun, Bendungan, Penampung Air, Zam Jambak

Natuna (Antara Kepri)-Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Trita Nusa Natuna, berencana membangun bendungan untuk mengantisipasi krisis air bersih, yang akhir-akhir ini melanda wilayah Natuna.

"Dalam waktu dekat ini, PDAM Tirta Nusa Natuna akan membangun bendungan lagi, untuk cadangan di musim kemarau, seperti yang terjadi baru-baru ini," ungkap Direktur PDAM Tirta Nusa, Suparman, Senin.

Selain sebagai cadangan kata Suparman, bendungan ini juga dipersiapkan untuk mewujudkan pengembangan jaringan PDAM ke wilayah Bunguran Selatan.

"Bendungan ini, juga untuk penampung persediaan air bersih, yang tahun depan akan diperluas ke wilayah Cemaga, Bunguran Selatan, sehingga ketersediaan air bersih untuk masyarakat di sana bisa terpenuhi," katanya.

Bendungan ini akan tambah Suparman, dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menampung dan mensuplai air sebanyak 150 liter perdetik.

"Bendungan ini akan dibangun di atas lahan seluar 10 hektare. Lokasinya juga sudah ditentukan di wilayah Sebayar Desa  Sungai Ulu, Kecamatan Bunguran Timur. Yang nantinya bisa mensuplai air hingga 150 liter perdetik," jelasnya.

Keberadaan bendungan itu nantinya dapat melayani 11.000 pelanggan yang menjadi target PDAM Tirta Nusa Kedepannya.

"Kita akan persiapkan dulu secara maksimal, mulai dari model dan kapasitasnya, sehingga nantinya dapat memenuhi target pelanggan kita sebanyak 11.000 pelanggan," pungkasnya.(Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE