Unhan Lakukan Penelitian Bela Negara di Natuna

id Unhan, Lakukan, Penelitian, Bela, Negara, di Natuna, Zam Jambak

Natuna (Antara Kepri)- Universitas Pertahanan (Unhan) Jakarta, melakukan penelitian bela negara terhadap warga termasuk sejumlah pejabat dilingkungan pemerintah daerah Natuna, Selasa (22/4).
 
Ketua rombongan Unhan, Laksmana Pertama TNI, Dr, Dadang Wirasuta di Aula Kantor Bupati Natuna mengatakan, penelitian ini meliputi, pengetahuan dan pemahaman bela negara, kondisinya nyata saat ini, serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dan menghambat peningkatan bela negara di Kabuaten Natuna.

"Sebelumnya, Unhan telah melakukan penelitian bela negara di wilayah terdepan NKRI seperti Irian Jaya dan Poso. Dan untuk tahun ini dilakukan di Kabupaten Natuna," ungkap Laksmana Pertama TNI, Dr, Dadang Wirasuta.

Sebagaimana di ketahui kata Dadang, Natuna sendiri merupakan daerah yang berbatas langsung dengan negara Vietnam, Malaysia, Tahiland dan Singapura. Oleh sebab itu,perlu diadakan penelitian terhadap bela negara.

"Melalui kiegiatan ini, kesadaran bela negara masyarakat di daerah perbatasan, diharapkan dapat diketahui," katanya. 

Dalam penelitian ini, dibagi tiga grup yang dilaksanakan secara kuisioner. Masing-masing grup akan diberikan angket, terutama dalam masalah aspek ideologi negara, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

Kemudian tambah Dadang, juga ada tiga elemen yang menjadi objek penelitian, yaitu pembuat kebijakan, grassroot dan kelompok yang meneliti perbatasan itu sendiri.

"Hasil penelitian ini, akan dikaji dan dijadikan rekomendasi kepada stoke holder terkait, baik di daerah maupun di pusat," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Natuna, Ilyas Sabli, dalam penyampaian sambutannya mengatakan, supaya dalam penelitian ini ada feedback serta bisa diambil contoh dan menjadi acuan kedepan oleh pemerintah daerah Natuna terhadap cinta tanah air.
 
"Masukan tersebut akan dipergunakan untuk penyusunan rencana pembangunan di kabupaten Natuna," kata Ilyas. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE