KPU Batam Temukan Manipulasi Suara Lima Partai

id KPU, Batam, Temukan, Manipulasi, Suara, Lima, Partai

Batam (Antara Kepri) - Komisi Pemilihan Umum Batam, Provinsi Kepulauan Riau, menemukan manipulasi suara lima partai untuk pemilihan DPRD tingkat kota di Kecamatan Bengkong.

Dalam rapat yang digelar Rabu, ditemukan perbedaan suara yang signifikan antara form DA1  yang hasil print out, dengan form DA1 tulis tangan.

Anggota Panwaslu Reza Syailendra yang kemudian disepakati anggota rapat meyakini form DA1 tulis tangan yang betul, sedangkan DA1 print out sudah dimanipulasi.

Perolehan suara yang dimanipulasi hingga bertambah yaitu Partai Demokrat, PPP dan Partai Hanura, sedang suara PBB dan PKPI juga dimanipulasi, namun justru dikurangi dari perhitungan yang dipercayai benar.

Berikut ini data yang benar, yaitu suara Partai Demokrat 5.725 (dari 7.374 pada sebelumnya). Penggelembungan suara terjadi untuk setiap caleg, kecuali nomor urut 4.

Suara PPP juga bengkak dari 2.665 menjadi 2.735, perubahan terjadi pada caleg nomor urut 1, 2, 5, 7, 8 dan 9.

Suara Partai Hanura bertambah dari aslinya yang seharusnya 4.064 menjadi 4.094.

Sementara suara PBB justru berkurang dari aslinya dari 1.020 menjadi 480 suara. Suara caleg yang hilang adalah nomor urut 2 dan 8.

Suara PKPI juga berkurang dari 569 menjadi 369. Suara caleg yang hilang yaitu nomor urut 1, 2, 4, 8 dan 9.

Ketua Panwaslu Suryadi Prabu menyesali adanya form DA1 yang isinya sudah dimanipulasi.

"Sudah terbukti tadi dalam rapat. Mengenai sanksi, nanti dulu," kata Suryadi.

Ia pun meminta form yang dimanipulasi untuk diamankan.

Sebelumnya, Panwaslu merekomendasikan untuk menghitung kertas suara karena mencurigai adanya manipulasi suara. Namun, akhirnya rekomendasi itu tidak dijalankan karena PPK bisa membawa form DA yang diisi dengan angka riil.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE