Pusat Pemerintahan Kepri Dirancang Sebagai Pusat Bisnis

id Pusat, Pemerintahan, Kepri, Dirancang, Sebagai, Pusat, Bisnis

Lingga (Antara Kepri) - Gubernur Kepulaun Riau, Muhammad Sani mengatakan pusat pemerintahan daerah setempat di Pulau Dompak, Tanjungpinang bukan hanya dirancang sebagai pusat pemerintahan tapi juga sebagai pusat bisnis yang diharapkan meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Pusat bisnis yang dirancang di pusat pemerintahan Dompak diharapkan nantinya menjadi ikon Kepulauan Riau (Kepri) untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," kata Sani disela-sela kunjungan kerjanya di Kabupaten Lingga, Kepri, Senin.

Menurut Sani, selain pembangunan pusat perkantoran, di Pulau Dompak saat ini juga sedang dirancang pembangunan hotel, lapangan golf, pusat olah raga serta tempat wisata pantai.

"Diharapkan nantinya Dompak menjadi daerah tujuan wisata serta pusat pertandingan olah raga di Tanjungpinang atau Kepri," katanya.

Pusat pemerintahan Provinsi Kepri di Pulau Dompak saat ini masih terus dibenahi, terutama infrastruktur pendukung yang belum selesai sesuai perencanaan sejak 2007."Semuanya bertahap, saya berharap itu bisa terwujud," katanya.

Untuk mendukung pusat pemerintahan sebagai pusat bisnis, gubernur berharap pelabuhan internasional di Sri Bintan Pura Tanjungpinang bisa dipindahkan ke Dompak.

"Lokasi dan lahan pelabuhan sudah tersedia, tinggal pembangunan dan diharapkan Badan Usaha Pelabuhan yang sudah dibentuk bisa mewujudkannya," ujar Sani.

Selain itu, Pemprov Kepri juga mendorong para investor untuk membangun fasilitas penunjang seperti hotel karena hotel yang ada di Tanjungpinang belum mampu menampung dalam jumlah besar ketika ada kegiatan bersifat nasional.

"Dengan bertambahnya fasilitas pendukung seperti hotel, pelebaran bandara serta ketersediaan listrik dan air yang cukup, saya optimistis Tanjungpinang semakin berkembang," katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kepri, Nur Syafriadi berharap Pemprov Kepri juga fokus pada pembenahan atau melengkapi failitas pendukung di pusat pemerintahan Dompak.

"Saya berharap Dompak bisa menjadi ikon Kepri, bukan hanya sebagai pusat pemerintahan tapi juga sebagai pusat kegiatan bisnis, seperti halnya Putra Jaya, Malaysia," ujar Nur.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE