220 Pembalap Sepeda Asing Ikuti Tour Barelang

id Pembalap,Sepeda,Asing,Tour,Barelang,wisata,batam

Batam (Antara Kepri) - Sebanyak 220 pembalap sepeda dari 26 negara dijadwalkan akan mengikuti balap sepeda melintasi delapan pulau yakni Batam, Rempang hingga Galang dalam Tour De Barelang yang digelar Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau, akhir Mei 2014.

"Hingga kini, pembalap asing yang sudah mendaftarkan diri ada 220 orang, masih di bawah target kami, 300 orang," kata Kepala Bidang Sarana dan Objek Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Batam, Rudi Panjaitan di Batam, Kamis.

Pemkot Batam bekerja sama dengan perusahaan swasta dari Singapura sengaja mendatangkan pembalap dari manca negara untuk ikut serta dalam balap yang digelar setahun sekali.

"Pembalapnya dari macam-macam negara, ada Inggris, Perancis dan sebagainya. Semuanya datang melalui Singapura," ucapnya.

Para pembalap asing dan pesepeda dalam negeri nantinya akan melakukan gerak awal (start) dari Sekupang, melintasi tempat pemakaman Tembesi, Jembatan I Barelang, Pulau Nipah, Jembatan II, Pulau Rempang, Jembatan III hingga Jembatan VI, dan berputar di ujung jalan Pulau Galang.

"Ada banyak pemandangan cantik yang akan dilalui pembalap, mulai dari keteduhan Sekupang, keindahan Jembatan I Barelang, laut hingga puluhan pulau di sekitar jembatan yang dilalui," kata Rudi.

Pemerintah berharap penyelenggaraan Tour de Barelang mampu merangsang kunjungan wisman ke kota industri lebih banyak lagi. Para pembalap akan datang lagi ke Batam membawa keluarga dan teman-temannya.

Saat Tour de Barelang, pemerintah akan mensterilkan Jembatan I Barelang dari pedagang kaki lima. Para pedagang akan ditempakan di lapangan Dendang Melayu, tempat khusus yang berdiri sebelum jembatan, dari arah Batam.

Dinas Pariwisata akan bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Koperasi dan UKM untuk menata PKL di Jembatan I.

"PKL bukannya dibersihkan, justru diberdayakan. Mereka akan berjualan sovenir untuk pembalap-pembalap dan wisatawan," ucapnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE