Seminar MTQ Nasional Batam Hadirkan Pembicara Malaysia-Indonesia

id Seminar, MTQ, Nasional, Batam, Hadirkan, Pembicara, Malaysia, Indonesia

Batam (Antara Kepri) - Seminar Nasional dalam rangka pelaksaan MTQNasional XXV di Batam yang akan dilaksanakan Sabtu (7/6) di Harmoni One Batam akan menghadirkan sejumlah narasumber dari Indonesia dan Malaysia.
   
Ketua Panitia, Muhammad Zainuddin di Batam, Minggu mengatakan narasumber kegiatan tersebut adalah Prof Muhammad Yasin (Dosen University Malaya, Malaysia), Mukhlish Hanafi (Dosen Pasca Sarjana UIN Syarief Hidayatullah Jakarta/ Pusat Studi Ilmu Al Quran Jakarta).
   
Selanjutnya, Mawardi Shaleh (Dosen Pascasarjana UIN Syarief Abdul Qasim Pekanbaru) dan akan dimoderatori oleh Effendi Asmawi (Sekretaris Umum MUI Kota Batam).
   
Ia mengatakan tujuan seminar tersebut sebagai media untuk melakukan pengkajian Quran yang aktual, komprehensif, dan berbobot intelektual serta bagaimana mengaktualisasikan dan membumikan nilai nilai Quran dalam kehidupan sosial, berbangsa dan bernegara.
   
"Kegiatan tersebut juga akan diikuti perwakilan dari kafilah dari 34 provinsi di Indonesia," kata dia.
   
Selain itu, kata dia, peserta kegiatan tersebut antaralain berasal dari ormas-ormas Islam, perwakilan Pondok Pesantren, Perwakilan perbankan syariah, ormas kepemudaan dan Islam, ormas kemahasiswaan, organisasi mubaligh, imam masjid, guru agama, perwakilan perguruan tinggi, sekolah, dosen, guru, serta organisasi siswa.
   
"Total sekitar 400 peserta akan mengikuti acara yang dibuka pukul 08.00 WIB tersebut," kata dia.
   
MTQ Nasional XXV akan berlangsung pada 5-14 Juni 2014 dan rencana akan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
   
MTQ Nasional yang dilaksanakan 2 (dua) tahun sekali ini menjadi momentum silaturrahim nasional karena kegiatan ini akan diikuti oleh ribuan peserta, pendamping, dan pengunjung dari seluruh kafilah dari seluruh provinsi di Indonesia.
   
Cabang yang diperlombakan dalam MTQ antara lain Tilawatil Quran anak-anak remaja dan dewasa, Hafiz Alquran (1 juz, 5 juz Quran dan Tilawah) , Hafiz 10 juz - 20 juz, cabang lomba Hifzh dan Tafsir (hafiz 30 Juz dan Tafsir Bahasa Arab).
   
Cabang lain Tafsir bahasa Arab dan Inggris, Fahm,  Khath (Naskah, hiasan Mushaf dan dekorasi), cabang lomba Syarh Quran(syarhil Quran), dan lomba karya ilmiah Quran.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE