Pelatihan Keselamatan Penerbangan di Hang Nadim Ditutup

id Pelatihan,Keselamatan,batam,Penerbangan,bandara,Hang,Nadim,Ditutup

Batam (Antara Kepri) - Pendidikan dan pelatihan junior aviation security Angkatan XIII dan Junior Pelayanan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran Angkatan VI yang dimulai sejak awal Mei di Bandara Hang Nadim berakhir dan ditutup, Rabu.

Penutupan diklat dilakukan oleh Direktur Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Medan Asri Santosa ditandai dengan pelepasan tanda peserta secara simbolis kepada 2 peserta terbaik.

Turut hadir dalam penutupan tersebut Kepala Bidang Operasi Darat Bandara Hang Nadim Saiful, Kabag Umum dan Keuangan Kantor Bandara Hang Nadim Suwarso, Kasi Kerjasama Diklat BP Batam M Taufik dan para instruktur dari ATKP Medan dan STPI Curug.

Asri Santosa dalam sambutannya mengatakan Kementerian Perhubungan RI, dalam hal ini di bawah Pengembangan SDM Perhubungan, terus melakukan perbaikan sumber daya manusia (SDM) untuk menjamin keselamatan penerbangan.

"Upaya ini dapat dilakukan dengan menjalin kerja sama dengan berbagai instansi. Terkait perbaikan SDM tersebut, ATKP Medan telah menjalin kerja sama dengan BP (Badan Pengusahaan) Batam dengan menyelenggarakan salah satu program pengembangan SDM yang sangat penting, yaitu keselamatan penerbangan," kata dia.

Untuk itu ATKP Medan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada BP Batam yang telah menjalin kerja sama tersebut.

Dalam diklat ini, BP Batam menyertakan 40 pegawai BP Batam yang bertugas di bandara, masing 20 orang mengikuti Diklat Junior Avsec Angkatan XIII dan Diklat PKP-PK Angkatan VI.

Peserta terbaik masing-masing Agung Wijayanto dari Junior Avsec dan Indra Bayu dari PKP-PK.

Kabid Operasional Darat Bandara Hang Nadim Saiful, saat memberikan sambutan mewakili Kepala Kantor Bandara Hang Nadim mengatakan, beberapa tahapan masih perlu dilalui untuk menjamin keselamatan penerbangan.

Saiful meminta para peserta yang telah mengikuti diklat agar lebih cekatan, dan menerapkan pengetahuannya, serta semakin profesional dalam bertugas terutama pada tanggung jawab keselamatan penerbangan.

Diklat Junior Avsec Angkatan XIII dan Junior PKP-PK Angkatan VI diselenggarakan selama 1 bulan dan telah dimulai sejak awal Mei lalu.

Kabag Umum dan Keuangan Bandara Hang Nadim BP Batam Suwarso mengatakan, penyelenggaraan diklat ini penting untuk para petugas avsec dan PKP-PK, mengingat semakin banyaknya jadwal penerbangan yang ada di Bandara Hang Nadim Batam dan bahkan akan dimulainya operasional 24 jam.

Karena itu sudah sewajarnya BP Batam terus meningkatkan dan mengembangkan fasilitas yang ada di Bandara Hang Nadim, yaitu keselamatan bagi para penumpang yang harus lebih diutamakan dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Batam dan sekitarnya.

Fasilitas dan kapasitas peralatan PKP-PK bandara Hang Nadim masuk dalam kategori 9 dengan 54 petugas yang dibagi dalam 3 shift waktu, yaitu 2 standbye dan 1 istirahat. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE