Anambas Belum Miliki Tempat Pelelangan Ikan

id Anambas, Belum Miliki, Tempat Pelelangan Ikan,

Anambas (Antara-Kepri) - Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Anambas, Rinaldi  menjelaskan bahwa kepulauan Anambas  belum memiliki tempat pelelangan ikan (TPI), ini yang mungkin menjadi kendala bagi kita dalam melakukan pendataan hasil tangkapan ikan.

"Saat ini, kita belum memiliki TPI, ini yang mungkin menjadi kendala bagi kita dalam melakukan pendataan hasil tangkapan ikan," ujar saat diruang kerjanya,  Kamis.

Pada saat ini Kepulauan Anambas telah memiliki fasilitas bidang perikanan yang berada diwilayah Antang yang terletak di Desa Tarempa Timur. Namun, fasilitas ini merupakan Unit Pelaksana Tugas (UPT) dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri.

Didampingi oleh Kasi Pengawasan DKP Kabupaten Kepulauan Anambas  Rinaldi juga mengatakan  bahwa dengan belum adanya tempat pelelangan ikan dikabupaten maritim ini membuat pihaknya harus jemput bola untuk melakukan pendataan hasil tangkapan ikan dari para nelayan tangkap. Hal ini menurutnya karena belum terkonsentrasinya hasil tangkapan ikan dari sejumlah nelayan tangkap yang ada disalah satu kabupaten terluar di Provinsi Kepri ini.

 "Hal ini pula yang menjadi kendala bagi kami dalam melakukan pendataan, kami terkadang harus jemput bola, sehingga data yang ada belum valid, setidaknya  adalah  terdapat tempat pendaratan ikan bagi untuk nelayan tangkap untuk akan menjual hasil tangkapan ikan sekaligus dapat mempermudah dalam melakukan pendataan hasil tangkapan ikan yang ada diwilayah Anambas." tuturnya.

Walaupun demikian saat ini, pihaknya tengah fokus untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan para nelayan tangkap dengan memberikan bantuan peralatan tangkap yang diharapkan dapat berpengaruh pada peningkatan kesejahteraan nelayan.

Sebelumnya, untuk bantuan Nelayan seperti pemberian keramba, jaring apung serta Global Positioning Sytem (GPS) untuk para nelayan tangkap di kepulauan Anambas telah di berikan. "Upaya daerah berupa pemberian bantuan seperti bantuan keramba jaring apung serta perlatan GPS untuk para nelayan tangkap yang dijadwalkan akan disalurkan kembali pada tahun ini," jelas Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Anambas ,Yunizar.

"Bantuan untuk nelayan tahun ini Alhamdulillah ada. Mulai dari bantuan bibit ikan kerapu serta ikan bawal dengan total sedikitnya 45 ribu bibit, ada juga bantuan 100 unit GPS untuk kelompok nelayan di Anambas dari Pemkab Anambas dengan menggunakan anggaran APBD," jelasnya.

Mengenai bantuan untuk bibit ikan masih belum diketahui secara pasti mengenai kapan didistribusikan kepada kelompok nelayan. Namun  demikian, pihaknya berharap dengan adanya bantuan ini dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan baik nelayan tangkap, maupun nelayan budidaya. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE