Natuna Masuk Program Penanggulangan Teroris di Daerah Perbatasan

id Natuna Masuk, Program Penanggulangan, Teroris, di Daerah, Perbatasan

Natuna (Antara Kepri)-Deputi Bidang Pencegahan, Perlidungan dan Deredikalisai Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT), Mayor Jendral (Mayjen) TNI, Agus Surya Bakti mengatakan, melihat dari telak geografis, Kabupaten Natuna merupakan salah satu daerah perbatasan di NKRI yang masuk dalam program penanggulangan teroris oleh BNPT.

"Melihat dari letak geografis, Natuna ini sangat mungkin di masuki oleh Teroris. Untuk itu, Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) perlu memasukannya dalam program penanggulangan teroris di daerah perbatasan ini," ungkap Mayjen TNI Agus Surya Bakti ketika berkunjung ke Natuna.

Selain itu, kata Agus, Natuna juga termasuk daerah yang tergolong pengamanan di wilayah perbatasan Indonesia, masih lemah. Untuk itu perlu dilakukan perlindungan secara nasional sehingga hal-hal yang bisa mengganggu kedamaian dan ketentraman bisa teratasi sejak dini.

"Saya lihat, pengaman di daerah ini termasuk lemah. Maka dari itu, melalui program yang sudah di rencanakan oleh BNPT, mulai dari pencegahan hingga penyadaran terhadap teroris bisa dilakukan semenjak dini," katanya.

BNPT sendiri lanjut Agus, telah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak khususnya Kantor Imigrasi, Bea Cukai, Kepolisian serta TNI.

"Untuk penanggulangan, perlindungan, pencegahan hingga penyadaran (Deradikalisasi), BNPT sudah bekerjasama dengan semua pihak terkait, mulai dari TNI, Polri, Bea Cukai hingga pihak Imigrasi," lanjutnya.

Kemudian tambahnya, masalah pengamanan perbatasan, bukan hanya tanggung jawab satu instansi pemerintah saja, akan tetapi juga harus melibatkan seluruh elemen masyarakat.

"Masalah pengamanan di perbatasan ini, bukan saja tanggung jawab dari pemerintah semata, namun juga tanggung jawab dari seluruh elemen masyarakat. Tak terkecuali peran serta dari pers" katanya.

Untuk itu, harap Jenderal bintang dua tersebut, mari kita bersama-sama menjaga agar Natuna tetap aman sebab jika terganggu oleh aksi teroris, daerah lain juga akan merasakan dampaknya.

"Saya sangat berharap, semoga wilayah Natuna ini aman dari semua ancaman, baik yang datang dari dalam maupun dari luar daerah. Sebab, bila Natuna ini tidak aman, maka akan berdampak terhadap daerah lainnnya, khususnya Kepulauan Riau," pungkasnya. (Antara)


Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE