Wagub Harap Gereja Jadi Penerang

id Wagub, Harap, Gereja, Jadi, Penerang

Batam (Antara Kepri) - Wakil Gubernur Kepulauan Riau berharap keberadaan gereja-gereja di wilayah Kepri dapat menjadi penerang, sekaligus pembawa perubahan ke arah lebih baik dengan dibalut semangat persatuan dan kesatuan.
       
"Gereja bersama dengan umatnya kami harapkan dapat menjadi agen kebaikan, pembawa terang bagi kota ini," kata Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo saat membuka Sidang Majelis Pekerja Lengkap  Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) Wilayah Kepri di Batam, Kepri, Senin.
       
Ia mengatakan peran gereja dan umat dibutuhkan untuk menciptakan dan membangun Indonesia yang ditandai solidaritas, perdamaian, terciptanya penghormatan, dialog, dan persaudaraan dengan terus membangun komitmen bersama diantara umat dan masyarakat lainnya.
       
"Pemprov Kepri menjamin kebebasan menjalankan ibadah bagi seluruh umat. Untuk itu, saya berharap lewat sidang ini dapat memberikan hasil yang positif," kata Wakil Gubernur.
       
Di tempat yang sama, Ketua PGI Wilayah Kepri, Hardi Lumban Tobing mengatakan demokrasi berbangsa dan bernegara berada di titik yang mengkhawatirkan dalam beberapa waktu terakhir.
       
"Untuk itu, gereja harus mengambil sikap terhadap jalannya demokrasi yang berlangsung di bangsa dan negara ini," katanya.
       
PGI berharap demokrasi dijalankan dengan cara-cara yang beretika dan mengedepankan sikap dialogis.
       
Ia berharap, siapapun pemimpin yang akan terpilih dalam pemilu presiden 2014 dapat menjamin kebebasan umat menjalankan ibadahnya.
       
"Sehingga, penghargaan terhadap perbedaan itu dapat terus dijaga dan dirasakan oleh setiap pemeluk agama," kata dia.
       
Pemuka agama Kristen, D.M Sibuea mengatakan pihak gereja siap mendukung kelancaran pelaksanaan Pilpres 2014.
       
"Kami mendoakan agar Pilpres mendatang berlangsung dalam suasana yang rukun dan damai, sehingga, pemimpin Indonesia yang akan datang dapat berdiri di tengah-tengah umat," kata dia. (Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE