PGN Bangun SPBG di Batam

id perusahaan,gas,negara,pgn,bangun,satu,unit,stasiun,pengisian,bahan,bakar,gas,spbg

Batam (Antara Kepri) - Perusahaan Gas Negara membangun satu unit Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas di Batam, Kepulauan Riau, sebagai bentuk dukungan program pemerintah konversi bahan bakar minyak ke gas.
       
"Kami sedang membangun SPBG, butuh tujuh sampai delapan bulan membangun itu," kata  General Manager PGN SBU III, Yosviandri di Batam, Kepulauan Riau, Rabu.
       
Saat ini, PGN tengah mengurus Upaya Pengelolaan lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL). Diharapkan SPBG itu bisa beroperasi awal 2015.
       
Pembangunan SPBG di Batam merupakan proyek percontohan SBU III PGN yang membawahi wilayah kerja Sumatera Utara, Kepulauan Riau dan Riau.
       
Yosviandri mengatakan, pihaknya sengaja memilih Batam sebagai pilot project SPBG karena ketersediaan pasokan gas yang cukup di wilayah itu dan geografisnya mendukung.
       
Sebagai tahap awal, mobil operasional PGN yang akan memanfaatkan fasilitas itu sambil menunggu pelanggan lainnya. PGN akan melengkapi seluruh kendaraan operasionalnya dengan konverter bahan bakar minyak ke gas.
       
Selanjutnya, PGN bisa bekerja sama dengan Pemerintah Kota Batam untuk mendorong transportasi umum dan kendaraan dinas Pemkot beralih menggunakan bahan bakar gas.
       
Nantinya, PGN juga akan bekerja sama dengan anak perusahaan PT Gagas Energi untuk menyiapkan konverter bahan bakar minyak ke gas yang akan dijual ke masyarakat.
       
"PGN akan melakukan edukasi dan mempermudah masyarakat untuk mendaftarkan konverter 'kit'," kata dia.
       
Di tempat yang sama,  Manager Area PT PGN Batam, Sabaruddin mengatakan, pihaknya sudah mengkomunikasikan rencana itu kepada Pemkot Batam, dan mendapatkan tanggapan positif.
       
"Namun apa pun itu, kami akan mulai dari diri kami, mencontohkan," ucapnya.
       
Menurut dia, bahan bakar gas memiliki beberapa keunggulan. Selain murah,  gas juga ramah lingkungan dan aman.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE