Menkominfo Koordinasi dengan Singapura Atasi "Roaming" Perbatasan

id menteri,komunikasi,informatika,tifatul,sembiring,terus,berkoordinasi,dengan,pemerintah,singapura,malaysia,mengatasi,masuknya,sinyal,telekomunikasi,sel

Batam (Antara Kepri) - Menteri Komunikasi dan Informatika  Tifatul Sembiring, mengatakan terus berkoordinasi dengan pemerintah Singapura, Malaysia mengatasi masuknya sinyal telekomunikasi seluler negara tersebut ke Indonesia hingga mengakibatkan "roaming".
       
"Masalah tersebut tak hanya terjadi di Batam, namun juga wilayah perbatasan lain di Indonesia bagian utara seperti Kalimantan, namun kami terus melakukan pembicaraan dan berkoordinasi dengan negara tetangga untuk menyelesaikan masalah tersebut," kata dia di Batam, Rabu.
       
Ia mengatakan jaringan provider negara tetangga tersebut menurunkan sinyalnya, tapi ketika perbaruan jaringan sinyal mereka masuk lagi ke Indonesia.
       
"Roaming memang masalah terutama kawasan perbatasan. Namun kami terus upayakan power seluler negara tetangga tersebut tidak terlalu kuat saat sampai Indonesia," kata Tifatul.
       
Di Batam, masuknya sinyal seluler negara lain sehingga mengalahkan sinyal operator di Indonesia terjadi di kawasan Nongsa, Batuampar, Bengkong yang berada di sisi utara Pulau Batam yang berbatasan dengan Singapura.
       
"Ini memang menjadi masalah bagi penyedia jasa telekomunikasi. Pada satu sisi ketika power terlalu lemah mengakibatkan pelayanan ke pelanggan tidak maksimal. Namun jika terlalu kuat akan masuk wilayah negara lain," kata dia.
       
Namun demikian, kata dia, sudah seharusnya sinyal seluler tidak masuk ke negara lain sehingga mengganggu dan merugikan.
       
Tifatul Sembiring berada di Batam untuk membuka rapat koordinasi Badan Koordinasi Humas (Bakohumas) Indonesia Wilayah Barat di Batam pada 25-26 Juni 2014.
       
Kegiatan tersebut diikuti sekitar 200 orang dari pejabat humas provinsi/kota/kabupaten wilayah Indonesia bagian barat, pejabat Dinas Komunikasi/Informatika Provinsi Wilayah Indonesia Barat.
       
Selanjutnya pejabat humas badan usaha milik negara (BUMN) dan BUMD, perguruan tinggi wilayah Indonesia barat serta anggota Bakohumas pusat.
       
Kegiatan tersebut diselenggarakan bekerjasama dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE