Pemkot Batam Cari Pasokan Telur Dari Jawa

id pemerintah,kota,batam,kepulauan,riau,mecari,pasokan,telur,dari,pulau,jawa,ramadhan,1435,hijriah,lebaran

Batam (Antara Kepri) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau mencari pasokan telur dari Pulau Jawa untuk memenuhi pasokan kebutuhan telur warga menjelang Ramadhan 1435 Hijriah dan Lebaran yang diperkirakan meningkat hingga dua kali lipat dari waktu biasa.
       
"Kami memang mencoba untuk mendatangkan telur dari Jawa, karena dari harga di sana masih bagus," kata Kepala Dinas Kehutanan, Perikanan, Pertanian dan Kelautan Kota Batam Suhartini di Batam, Kamis.
       
Selama ini, kebutuhan telur warga Batam dipasok dari produksi dalam kota dan dari Medan. Namun, menurut Suhartini, perlu tambahan pasokan dari daerah lain untuk menyetabilkan harga jelang Ramadhan hingga Lebaran.
       
Ia mengatakan harga telur sudah naik, dan dikhawatirkan kenaikannya akan bertambah tinggi jika tidak ada antisipasi dengan memasok dari daerah lain.
       
Menurut dia, kenaikan harga telur yang kini terjadi karena nilai telur sudah meningkat dari Medan. Harga telur dieceran naik dari Rp1.200 per butir menjadi RP1.300 per butir.
       
"Harga telur sudah naik yang dari Medan," kata Suhartini.
       
Bedasarkan perhitungan Dinas KP2K, kebutuhan telur di Batam pada hari normal mencapai 900.000 butir per hari dan diperkirakan meningkat hingga 1.800.000 butir per hari pada Bulan Puasa.
       
Dari seluruh kebutuhan telur itu, 90 persen diantaranya didatangkan dari Medan, Sumatera Utara dan 10 persen lainnya dipasok dari peternakan di Batam dengan produksi sekitar 50 ribu hingga 60 ribu butir per hari.
       
Sementara untuk kebutuhan daging sapi menjelang puasa, Suhartini memastikan mencukupi.
       
Pasokan daging sapi di Batam berasal dari peternakan di sekitar Batam dan impor dari Australia.
       
"Kalau kurang, kami bisa mengajukan tambahan kuota impor, namun prosesnya tidak mudah, harus meminta izin dari Kementerian," kata dia.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE