Pengembangan Pariwisata Natuna Terkendala Lahan

id Pengembangan, Pariwisata, Natuna, Terkendala Lahan, Zam Jambak

Natuna (Antara Kepri) - Sekitar lima kawasan yang menjadi prioritas Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau untuk pengembangan pariwisata terkendala masalah pembebasan lahan.

Lima kawasan dimaksud terdiri atas Pantai Batu Kasah, Pulau Senoa, Teluk Depeh, Pantai Sisi dan Teluk Selahang.

Teluk Selahang yang lebih dikenal dengan Pantai Tanjung, yang terletak di kecamatan Bunguran Timur dengan luas 11 hektare dipatok oleh masyarakat mencapai Rp500.000/meter. Sementara, untuk lokasi di Pantai Batu Kasah, Kecamatan Bunguran Selatan, sebesar Rp250.000/meter.

"Harga yang di tawarkan oleh masyarakat sangat tinggi dan jauh sekali dari harga standar. Sedangkan  anggaran yang disediakan oleh Pemerintah jauh di bawah harga masyarakat tersebut. Atas hal tu, tentunya sangat tak masuk akal," ujar Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Natuna Toni Yulfandri, Senin.

Untuk itu, kata Toni, perlu ada kerja sama semua pihak, dalam hal ini masyarakat sebagai pihak yang juga diuntungkan dengan pengembangan pariwisata ini.

"Jika memang benar masyarakat di Kabupaten Natuna mendukung sektor pariwisata, seperti yang didengungkan, buktikanlah melalui kerja sama khususnya untuk pembebasan lahan ini," katanya.

Dan kepada pihak-pihak terkait tambah Toni, agar memperhatikan sektor pariwisata Natuna yang sangat potensi untuk dikembangkan dan menjadi destinasi unggulan.

"Semua terkendala pada masalah pembebasan lahan, jika masalah pembebasan lahan ini tak kunjung selesai, sia-sia saja program yang sudah disusun sedemikian rupa oleh pemerintah daerah Natuna," pungkasnya. (Antara)


Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE