Disperindagkop Anambas Tetap Salurkan Dana Bergulir

id Disperindagkop, Anambas, Tetap, Salurkan, Dana, Bergulir

Anambas (Antara Kepri) - Kendati dana bergulir limpahan pemerintah Kabupaten Natuna kepada kabupaten Kepulauan Anambas masih menuai masalah namun Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas tetap menyalurkan dana bergulir bagi usaha kecil dan menengah kepada masyarakat.

Dana bergulir sebesar Rp3 miliar dari APBD 2014 akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan, namun ada pengecualian bagi nama pemohon yang terdapat dalam peminjam dana limpahan Natuna tidak diperbolehkan.

"Tahun ini kita akan salurkan dana bergulir bagi koperasi dan UKM di Anambas. Ini merupakan program kita untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat," ujar  Kabag TU Unit Pelaksana Teknis (UPT) pengelolaan dana bergulir Disperindagkop dan UKM Anambas, Juni.

Tapi, lanjut dia, bagi masyarakat yang namanya masih ada piutang di dalam dana bergulir limpahan Pemkab Natuna tidak akan dilayani, karena mereka masih mempunyai cicilan. Jadi yang berhak menerima dana bergulir adalah diluar penerima dana dari Natuna.

Dijelaskannya , saat ini pihaknya telah menerima 12 proposal dari usaha kecil dan menengah namun masih sebatas permohonan atau pengajuan pinjaman dana bergulir. Para pemohon tersebut harus melengkapi persyaratan yang telah dibuat oleh Disperindagkop dan UKM Pemkab Anambas. Adapun pinjaman untuk usaha mikro maksimal sebesar Rp15 juta dan usaha kecil maksimal 35 juta dengan agunan atau aset jaminan kepada bank Riau Anambas sebesar Rp50 juta sampai Rp500 juta.

"Saat ini sudah ada 12 proposal permohonan dari masyarakat pelaku usaha mikro dan usaha kecil. Tim kita sedang mempelajari proposal permohonan tersebut dan akan turun meninjau langsung kelapangan untuk melihat usaha pemohon. Hasil tinjauan dilapangan nanti maka akan diputuskan bisa atau tidaknya pemohon menerima dana bergulir dari kita," katanya.

Menurut Juni, selain dari penilaian usaha pemohon pinjaman itu, tim juga akan menilai agunan yang akan diserahkan kepada pihak bank Riau Anambas. UPT Pengelolaan dana bergulir optimis dalam tahun ini semua program akan berjalan dengan maksimal bahkan pihaknya mengaku Rp3 miliar dana bergulir yang tertuang dalam APBD 2014 tersebut akan selesai diberikan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkannya.

Dijelaskannya, pemohon dana bergulir bisa menerima setelah ada agunan yang  akan diserahkan kepada bank Riau Anambas. Jadi masyarakat saat melakukan pembayaran langsung kepada pihak bank jadi begitu lunas cicilannya dibank maka nasabah mengambil agunan tersebut.

"Kita lakukan seperti ini tentunya ada kerja sama antara UPT pengelolaan dana bergulir dengan bank Riau Anambas. Jadi kita nanti tinggal meminta data setiap bulannya kepada bank bagi siapa yang mencicil atau yang menunggak akan ketahuan nanti. Jadi kalau hal ini berjalan sesuai dengan rencana, saya kira tidak akan ada masalah lagi," katanya .(Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE